PENGEMBANGAN PERANGKAT BEL SEKOLAH OTOMATIS DENGAN MICROCONTROLLER ARDUINO UNO BERBASIS INTERNET of THING (IoT)

RIDHO MUDHOFFAR, GHOZY (2021) PENGEMBANGAN PERANGKAT BEL SEKOLAH OTOMATIS DENGAN MICROCONTROLLER ARDUINO UNO BERBASIS INTERNET of THING (IoT). Skripsi (S1) thesis, https://ummetro.ac.id/.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (937kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (938kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (166kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (560kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (160kB) | Preview
Official URL: https://lib.ummetro.ac.id/

Abstract

Problematika tidak disipilin dalam menggunakan waktu dapat mempengarui kesuksesan seorang. Seorang pelajar diwajibkan untuk bersikap disiplin, terutama disiplin waktu. Disiplin waktu seorang pelajar dalam sekolah biasanya ditandakan dan diautr dengan adanya bel sekolah. Pembunyian bel dalam sekolah kebanyakan masih menggunakan manual, sehingga terkadang masih terjadi kesalahan yaitu seperti telat dalam membunyikanya. Maka dibuatlah bel sekolah otomatis yang terintegrasi dengan komponen elektronika, sehingga mampu meningkatkan minat untuk membantu pelajar untuk lebih disiplin. Bel sekolah otomatis merupakan sebuah alat perpaduan antara Arduino Uno dengan beberapa komponen lainya sehingga alat dapat berbnyi otomatis. Bel sekolah otomatis juga dapat digunakan sebagai sumber belajar fisika. Tujuan pengembangan bel sekolah otomatis ini sebagai sumber belajar fisika dalam materi gelombang elektromagnetik dan teknologi digital serta dapat membantu meningkatkan kedisiplinan pelajar. Metode penelitian ini menggunakan metode (R&D) dengan model ADDIE. Data penelitian diperoleh dari hasil validasi ahli dan Respon pengguna. Hasil validasi oleh 2 ahli aspek media diperoleh presentase rata-rata sebesar 96,25% dengan kriteria “Sangat Layak”, dan hasil validasi oleh 3 ahli aspek materi diperoleh persentase 91,03% dengan kriteria “Sangat Layak”. kemudian Hasil kepraktisan penggunaan bel sekolah otomatis mendapatkan persentase rata-rata 91,2% dengan Kriteria “Sangat Praktis”

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Additional Information: 004/Pend.Fisika/2021
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Bel Sekolah Otomatis, Sumber Belajar Fisika
Subjects: 300 Ilmu Sosial > Pendidikan
500 Ilmu Murni > Fisika
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: M Derie Santana
Date Deposited: 16 Dec 2021 07:23
Last Modified: 16 Dec 2021 07:23
URI: http://eprints.ummetro.ac.id/id/eprint/876

Actions (login required)

View Item View Item