PENGEMBANGAN LEMBAR KPEMBELAJAR PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) PENDUKUNG PEMBELAJARAN DENGAN LABORATORIUM VIRTUAL PADA RJA SISWA (LKS) PENDUKUNG N DENGAN LABORATORIUM VIRTUAL PADA MATERI DIFRAKSI DAN INTERFERENSI CAHAYA MATERI DIFRAKSI DAN INTERFERENSI CAHAYA

RAHMAH, SINTYA (2021) PENGEMBANGAN LEMBAR KPEMBELAJAR PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) PENDUKUNG PEMBELAJARAN DENGAN LABORATORIUM VIRTUAL PADA RJA SISWA (LKS) PENDUKUNG N DENGAN LABORATORIUM VIRTUAL PADA MATERI DIFRAKSI DAN INTERFERENSI CAHAYA MATERI DIFRAKSI DAN INTERFERENSI CAHAYA. Skripsi (S1) thesis, https://ummetro.ac.id/.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (271kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (636kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (163kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (157kB) | Preview
Official URL: https://lib.ummetro.ac.id/

Abstract

Abstrak Standar proses pembelajaran berdasarkan kurikulum 2013 menggunakan pendekatn ilmiah yang meliputi 5M yaitu mengamati, menanya, mengolah, menyajikan, dan menyimpulkan. Laboratorium menjadi salah satu sarana penting dalam pembelajaran fisika di sekolah terlebih pada penerapan kurikulum 2013 yang mengajak siswa untuk berpikir ilmiah dan kritis. Di masa pandemi saat ini, guru dan siswa kesulitan untuk melaksanakan percobaan di laboratorium sekolah. Laboratorium Virtual dapat menjadi solusi untuk melakukan percobaan di masa pandemi. Lembar Kerja Siswa (LKS) merupakan salah satu bahan ajar yang dapat membantu guru dalam kegiatan percobaan dengan laboratorium virtual. Tujuan penelitian dan pengembangan ini adalah untuk menghasilkan LKS pendukung pembelajaran dengan laboratorium virtual yang layak digunakan dalam kegiatan pembelajaran fisika daring dan dapat membantu siswa dan guru dalam melakukan percobaan dengan laboratorium virtual. Jenis penelitian ini adalah Reseach and Development dengan model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Respon pengguna yang terdiri dari respon guru dan siswa memperoleh nilai rata-rata 83,93% dengan kategori sangat menarik yang artinya LKS menarik digunakan sebagai bahan ajar. Kemudian hasil penilaian ahli dan respon pengguna memiliki nilai rata-rata 80,74% dengan kategori sangat layak dan dapat disimpulkan bahwa Lembar Kerja Siswa (LKS) Pendukung Pembelajaran dengan Laboratorium Vitual pada Materi Difraksi dan Interferensi Cahaya adalah sangat layak untuk digunakan sebagai bahan ajar dalam proses pembelajaran fisika di sekolah.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Creators:
CreatorsNIM/NPMEmail
RAHMAH, SINTYANIM17330008UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorSuseno, NyotoNIDN19670511200012001UNSPECIFIED
Thesis advisorPrihandono, EKoNIDN0204109105UNSPECIFIED
Thesis advisorHidaytullah, DedyNIDN0219128401UNSPECIFIED
Additional Information: 009/Pend.Fisika/2021
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, LKS, Laboratorium Virtual
Subjects: 300 Ilmu Sosial > Pendidikan
500 Ilmu Murni > Fisika
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika
Depositing User: M Derie Santana
Date Deposited: 16 Dec 2021 03:59
Last Modified: 16 Dec 2021 03:59
URI: http://eprints.ummetro.ac.id/id/eprint/875

Actions (login required)

View Item View Item