PENGEMBANGAN MODEL HYBRID LEARNING PADA PELAJARAN SEJARAH INDONESIA KELAS XI DI SMA NEGERI 1 TRIMURJO

Eka Putri, Annisa (2021) PENGEMBANGAN MODEL HYBRID LEARNING PADA PELAJARAN SEJARAH INDONESIA KELAS XI DI SMA NEGERI 1 TRIMURJO. Skripsi (S1) thesis, https://ummetro.ac.id/.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (858kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (861kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (116kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (167kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (50kB) | Preview
Official URL: https://lib.ummetro.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan sebuah produk buku panduan yang layak digunakan guru sebagai acuan menerapkan model pembelajaran Hybrid. Urgensi dalam pengembangan ini dilakukan karena saat ini dunia telah mengalami kemajuan dan telah memasuki revolusi industri 4.0, pendidikan kini diharuskan untuk senantiasa berkembang. Kemajuan yang dialami saat ini menjadikan manusia harus bisa memanfaatkan teknologi dengan baik, pendidikan pun akhirnya juga mengalami kemajuan. Model Hybrid Learning merupakan model pembelajaran yang bisa menggabungkan antara pembelajaran luring (tatap muka) dengan daring (menggunakan teknologi). Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah Research and Development (R&D) atau pengembangan. Buku panduan ini dipadukan dengan pembelajaran sejarah lokal Lampung yaitu Radin Intan II. Proses untuk menghasilkan buku panduan ini diawali dengan tahap validasi yang dilakukan oleh 2 ahli materi dan 2 ahli desain dan model. Hasil validasi buku panduan mengalami peningkatan presentase dari sebelum dan setelah dilakukan revisi. Hasil validasi buku panduan ini dari segi materi sebesar 95% dan dari segi desain sebesar 92%. Berdasarkan presentase yang diperoleh dari ahli validasi bahwa Buku Panduan Model Hybrid Learning Dalam Pembelajaran Sejarah Lokal Lampung masuk dalam kategori “Sangat Layak” sehingga dapat digunakan untuk membantu guru dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Additional Information: 009/Pend.Sejarah/2021
Uncontrolled Keywords: Hybrid Learning, buku panduan, sejarah lokal Lampung, SMA
Subjects: 300 Ilmu Sosial > Pendidikan
900 Sejarah dan Geografi > Ilmu Sejarah
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: M Derie Santana
Date Deposited: 16 Dec 2021 03:17
Last Modified: 16 Dec 2021 03:17
URI: http://eprints.ummetro.ac.id/id/eprint/873

Actions (login required)

View Item View Item