STUDI KASUS KEHIDUPAN MASYARAKAT TRANSPOLRI JAYA GUNA II DI BIDANG EKONOMI DAN SOSIAL BUDAYA DI DESA KOMERING PUTIH KECAMATAN GUNUNG SUGIH TAHUN 1987-1999

Sandria, Veri (2021) STUDI KASUS KEHIDUPAN MASYARAKAT TRANSPOLRI JAYA GUNA II DI BIDANG EKONOMI DAN SOSIAL BUDAYA DI DESA KOMERING PUTIH KECAMATAN GUNUNG SUGIH TAHUN 1987-1999. Skripsi (S1) thesis, https://ummetro.ac.id/.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (166kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (131kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (10kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (71kB) | Preview
Official URL: https://lib.ummetro.ac.id/

Abstract

Transmigrasi Polisi Republik Indonesia di Jayaguna II adalah salah satu bentuk perpindahan penduduk yang dilakukan untuk para anggota polisi. Kurangnya pengetahuan tentang pertanian menyebabkan perkembangan penduduk transmigrasi mengalami hambatan. Tujuan dari penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui sejarah kehidupan masyarakat Transmigrasi Polisi Republik Indonesia di Jayaguna ll. 2) untuk mengetahui kehidupan masyarakat Transmigrasi Polisi Republik Indonesia di Jayaguna ll pada bidang ekonomi 3) untuk mengetahui kehidupan masyarakat Transmigrasi Polisi Republik Indonesia di Jayaguna ll pada bidang sosial budaya . Pendekatan penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Penelitian kualitatif adalah penelitian yang menghasilkan data berupa keterangan atau informasi verbal dari informan. Kehadiran peneliti sebagai alat pengumpul data dan menganalisisnya. Data dalam penelitian ini dikumpulkan dengan metode wawancara dan observasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis data deskriptif yakni reduksi data, penyajian data, dan pelaporan hasil. Hasil penelitian ini adalah masyarakat transmigrasi polisi republik indonesia telah ada sejak 1967 hingga sekarang. Kehidupan sosial masyarakat sudah maju dan mayoritas penduduk memiliki budaya tersendiri. Budaya yang ada di tranpolri adalah budaya suku lampung. Berdasarkan penelitian dapat disimpulkan bahwa sejarah Transmigrasi Polisi Republik Indonesia di Jayaguna II adalah keberhasilan Transmigrasi Polisi Republik Indonesia di Jayaguna I dalam pemerataan kesejahteraan. Dibidang Ekonomi, kesejahteraan warga Transmigrasi Polisi ini relatif maju seiring dengan berjalannya waktu. Warga transmigran mencukupi kehidupan dengan mengandalkan dana pensiun, bertani dan beternak. Dalam bidang sosial budaya, kehidupan sosial warga Transmigrasi Polisi Republik Indonesia Jayaguna II pada Tahun 1987-1999 terjalin dengan baik. Adapun kondisi kebudayaan yang ada di Transmigrasi Polisi Republik Indonesia Jayaguna II bahwa budaya masyarakat yang ada terdiri dari berbagai suku, mata pencaharian pokok yakni bertani, beternak dan pensiunan. Warga Transmigrasi Polisi Republik Indonesia Jayaguna II juga memiliki Agama yang dianut yakni Islam.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Creators:
CreatorsNIM/NPMEmail
Sandria, VeriNIM17220014UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorHidayat, BobiNIDN0219098502UNSPECIFIED
Thesis advisorKuswono, KuswonoNIDN0229118701UNSPECIFIED
Thesis advisorKuswono, KuswonoNIDN0229118701UNSPECIFIED
Additional Information: 012/Pend.Sejarah/2021
Uncontrolled Keywords: Transmigrasi Polisi Republik Indonesia Jayaguna II, Bidang Ekonomi, Bidang Sosial Budaya
Subjects: 300 Ilmu Sosial > Pendidikan
900 Sejarah dan Geografi > Ilmu Sejarah
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sejarah
Depositing User: M Derie Santana
Date Deposited: 15 Dec 2021 07:52
Last Modified: 15 Dec 2021 07:52
URI: http://eprints.ummetro.ac.id/id/eprint/871

Actions (login required)

View Item View Item