PENGARUH KECEPATAN DAN ALUR PEMOTONGAN TERHADAP TINGKAT AKURASI HASIL PEMOTONGAN PADA MESIN CNC MILING 3 AXIS BERBASIS MACH3

Ma'ruf, Ahmad (2021) PENGARUH KECEPATAN DAN ALUR PEMOTONGAN TERHADAP TINGKAT AKURASI HASIL PEMOTONGAN PADA MESIN CNC MILING 3 AXIS BERBASIS MACH3. Skripsi (S1) thesis, https://ummetro.ac.id/.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (504kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (33kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (89kB) | Preview
Official URL: https://lib.ummetro.ac.id/

Abstract

Mesin CNC (Computer Numerical Control) merupakan salah satu teknologi yang masih dikembangkan, salah satunya mesin CNC miling 3 axis yang ditujukan untuk meningkatkan kegiatan produksi. Mesin CNC miling merupakan perkembangan dari mesin frais konvensional namun mesin ini dikendalikan oleh komputer dengan memakai bahasa numerik (perintah gerakan dengan memakai huruf serta angka). Pemotongan atau pemakanan pada mesin CNC miling dipenharuhi oleh banyak faktor secara praktis kekerasan permukaan dipengaruhi oleh kecepatan pemakanan, laju pemakanan, kekerasan benda kerja dan kedalaman pemakanan. Tujuan dari penelitian yaitu untuk mengetahui kecepatan laju pemotongan yang menghasilkan hasil kerja terbaik dan mengetahui tingkat akurasi hasil pemotongan pada jenis alur pemotongan yang berbeda. Metode penelitian yang dilakukan yaitu ekspeerimental dengan merancang dan membuat serta menguji mesin CNC miling. Pengujian dilakukan dengan variasi alur pemotongan yaitu persegi, lingkaran dan segitiga dan variasi kecepatan laju pemotongan (feedrate) yaitu 50 (mm/menit), 100 (mm/menit) dan 150 (mm/menit). Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kecepatan laju pemotongan yang menghasilkan hasil kerja terbaik yaitu pada feedrate 50 (mm/menit) dan Pada 3 jenis alur pemotongan yang berbeda yang paling akurat pada alur pemotongan persegi baik pada feedrate 50 (mm/menit), 100 (mm/menit) dan 150 (mm/menit) selisih pemotongan dengan disain gambar rata-rata sebesar 0,44 (mm) dan nilai kesalahan rata-rata sebesar 0,12 (%).

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Creators:
CreatorsNIM/NPMEmail
Ma'ruf, AhmadNIM17520004UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorBudiyanto, EkoNIDN0222048902UNSPECIFIED
Thesis advisorDri Handono, SulisNIDN0216068102UNSPECIFIED
Thesis advisorAsroni, AsroniNIDN0212128703UNSPECIFIED
Additional Information: 025/TEKNIK/2021
Uncontrolled Keywords: Mesin CNC miling, feedrate, alur pemotongan, tingkat akurasi.
Subjects: 600 Ilmu Terapan > Teknik Mesin
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Mesin
Depositing User: M Derie Santana
Date Deposited: 08 Dec 2021 02:58
Last Modified: 08 Dec 2021 02:58
URI: http://eprints.ummetro.ac.id/id/eprint/862

Actions (login required)

View Item View Item