ANALISIS PENINGKATAN KUALITAS PELAYANAN PASAR TRADISIONAL DI KECAMATAN PEKALONGAN KABUPATEN LAMPUNG TIMUR (Aplikasi Pendekatan Importance Performance Analysis)

Handayani, Retno (2021) ANALISIS PENINGKATAN KUALITAS PELAYANAN PASAR TRADISIONAL DI KECAMATAN PEKALONGAN KABUPATEN LAMPUNG TIMUR (Aplikasi Pendekatan Importance Performance Analysis). Skripsi (S1) thesis, https://ummetro.ac.id/.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: https://lib.ummetro.ac.id/

Abstract

Keberadaan pasar merupakan salah satu faktor yang penting karena merupakan wadah untuk melakukan kegiatan jual beli barang bagi kebutuhan masyarakat. Keberadaan pasar juga menjadi salah satu indikator paling nyata kegiatan ekonomi masyarakat disuatu wilayah. Pasar tradisional berperan sebagai salah satu pasar ritel yang merupakan simbol perekonomian rakyat. Sebagai jantung perekonomian disuatu daerah, pasar diharapkan mampu memberikan tingkat kenyamanan dan keamanan bagi pedagang dan pembeli. Penelitian ini dilakukan pada pasar tradisional yang dikelola oleh pemerintah daerah yang ada di Kecamatan Pekalongan Kabupaten Lampung Timur dengan sampel yang diambil secara purposive sampling sebanyak 40 orang responden. Responden dalam penelitian ini adalah pedagang pasar yang memiliki kios atau los dan dianalisis dengan menggunakan pendekatan Importance Performance Analysis (IPA). Hasil analisa penelitian yang dilakukan dengan metode Importance Performance Analysis (IPA) mendapatkan beberapa atribut yang perlu mendapatkan prioritas utama sebagai usulan perbaikan kualitas pelayanannya, karena atribut-atribut tersebut berada pada kuadran A. Posisi atribut-atribut yang berada pada kuadran A mempunyai arti bahwa atribut-atribut tersebut dianggap penting keberadaanya tetapi kinerjanya masih rendah. Atribut-atribut yang mendapatkan saran untuk perbaikan antara lain : setiap penagihan retribusi yang dilakukan disertai dengan tanda bukti yang sah (2), pegawai pasar berada ditempat selama jam operasional pasar (4), keadaan kebersihan lingkungan pasar terjaga (17), listrik/penerangan didalam pasar yang memadai (19), tempat pembuangan sampah sementara memadai (21), dan los/lapak sesuai dengan kebutuhan pedagang (23).

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Creators:
CreatorsNIM/NPMEmail
Handayani, RetnoNIM17710063UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorAbdul Mu'in, JuhriNIDN195303071985011001UNSPECIFIED
Thesis advisorSuhada, BambangNIDN196412041992031002UNSPECIFIED
Thesis advisorSuharto, SuhartoNIDN0228035801UNSPECIFIED
Additional Information: 045/PASCA MANAJEMEN/2021
Uncontrolled Keywords: kualitas pelayanan, pasar tradisional, importance performance analysis.
Subjects: 600 Ilmu Terapan > Manajemen
Divisions: Pascasarjana > Magister Manajemen (S2)
Depositing User: M Derie Santana
Date Deposited: 06 Dec 2021 07:18
Last Modified: 06 Dec 2021 07:18
URI: http://eprints.ummetro.ac.id/id/eprint/858

Actions (login required)

View Item View Item