Ngadiran, Ngadiran (2021) OPTIMALISASI PENDIDIKAN ISLAM MELALUI SINERGITAS ANTARA PENDIDIKAN KELUARGA DAN MASYARAKAT DESA PURWODADI DALAM KECAMATAN TANJUNG SARI KABUPATEN LAMPUNG SELATAN. Skripsi (S1) thesis, https://ummetro.ac.id/.
|
Text
COVER.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (18kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (447kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (304kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (96kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (549kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana optimalisasi pendidikan islam melalui sinergitas antara Pendidikan keluarga dan masyarakat di Desa Purwodadi Dalam Kecamatan Tanjung Sari Kabupaten Lampung Selatan. Pendidikan Agama Islam di dalam keluarga dan masyarakat. Subjek dalam penelitian ini adalah optimalisasi Pendidikan agama islam di tingkat keluarga dan masyarakat, sedangkan objek penelitiannya adalah keluarga atau masyarakat yang mempunyai anak yang masih dalam tingkat pendidikan di sekolah. Pendidikan anak merupakan sesuatu yang sangat penting untuk ditingktkan. Hal ini disebabkan karena anak merupakan titipan dari Allah SWT yang harus dididik, dijaga, diarahkan, dibimbing, dilindungi, disayangi, dan dikasihi, supaya mereka kelak menjadi manusia yang betul-betul taat kepada Allah SWT, dan berbakti kepada orang tuanya. Anak yang terlahir dengan berbagai potensi yang dimilikinya yang sangat perlu ditumbuh kembangkan. Selain itu anak merupakan bagian terpenting dari seluruh proses pertumbuhan manusia. Berkualitas atau tidaknya ia dimasa dewasa sangat dipengaruhi oleh proses pengasuhan dan pendidikan yang diterima dimasa kanak-kanaknya. Maka, banyak tokoh Islam yang mengatakan bahwa pada masa kanak-kanak merupakan masa yang sangat tepat untuk membentuk kepribadian seorang anak. Dalam hal ini orang tua dan lingkungan merupakan sumber utama dalam pembentukan kepribadian anak. Oleh karena itu, pendidikan yang baik merupakan landasan utama untuk menjadikan anak yang berkepribadian yang baik. Sehingga sangat dibutuhkan optimalisasi pendidikan kerjasama atau sinergitas dalam keluarga dan masyarakat. Faktor-faktor efektifitas dalam pembentukan kepribadian intelektual anak, rohani, dan jasmaninya adalah mengadakan kerjasama atau sinergitas yang baik antara keluarga dan masyarakat. Sebagaimana yang kita ketahui bahwa keluarga memiliki peranan terpenting nomor satu dalam mendidik anak dari segi fisiknya. Hal yang paling mendasar dari pedidikan adalah pembelajaran, untuk mendapatkan pembelajaran yang maksimal orang tua hendaknya orang tua mengetahui metode pembelajaran yang baik bagi anak. Metode yang tepat dapat membentuk dan mengembangkan potensi yang dimiliki pada anak. Yakni potensi spiritual, kognitif dan psikomotorik. Pendekatan dalam penelitian adalah menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan data yang diperoleh dari kajian literature, diskusi, dan seminar-seminar tentang optimalisasi pembelajaran. Selanjutnya dalam penelitian ini difokuskan pada optimalisasi pembelajaran apa saja yang diterapkan dalam pendidikan baik dalam keluarga dan masyarakat.
Item Type: | Thesis (Skripsi (S1)) |
---|---|
Additional Information: | 003/FAI/2021 |
Uncontrolled Keywords: | Pendidikan, Pembelajaran, Keluarga, Masyarakat |
Subjects: | 200 Agama > Pendidikan Agama Islam |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > S1 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | M Derie Santana |
Date Deposited: | 06 Dec 2021 01:39 |
Last Modified: | 06 Dec 2021 01:39 |
URI: | http://eprints.ummetro.ac.id/id/eprint/857 |
Actions (login required)
View Item |