ANALISIS KONSEP HUMANIS-RELIGIUS ALI SYARIATI DAN IMPLIKASINYA TERHADAP KURIKULUM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI INDONESIA

RENCI, RENCI (2021) ANALISIS KONSEP HUMANIS-RELIGIUS ALI SYARIATI DAN IMPLIKASINYA TERHADAP KURIKULUM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI INDONESIA. Skripsi (S1) thesis, https://ummetro.ac.id/.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (346kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (128kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (100kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (207kB) | Preview
Official URL: https://lib.ummetro.ac.id/

Abstract

Sebagai acuan atau program untuk mencapai tujuan pendidikan, kurikulum mengambil peran penting dalam permasalahan dehumanisasi yang mulai menjalar di dunia pendidikan, khususnya pendidikan agama Islam. Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini yaitu bagaimana pemikiran humanis-religius Ali Syariati, implikasinya terhadap kurikulum pendidikan agama Islam di Indonesia, perbedaan pemikiran Ali Syariati dengan konsep humanis tokoh lainnya, pemikiran Ali Syariati dapat diakomodasi dalam kurikulum pendidikan agama Islam dan isu humanis-religius di dalam kurikulum pendidikan Islam dengan tujuan untuk menganalisis pemikiran Ali Syariati dan membandingkan perbedaan konsep humanis milik Ali dengan pemikiran humanis tokoh lainnya serta menarik kesimpulan mengenai implikasi dari pemikiran Ali Syariati terhadap kurikulum Pendidikan Agama Islam dan kegunaannya di lembaga pendidikan. Penelitian ini termasuk ke dalam penelitian kualitatif kepustakaan, untuk membahas permasalahan tersebut, peneliti menggunakan jenis penelitian study tokoh dengan pendekatan library research, yang menkaji secara teoritis dan mendalam untuk kemudian mendapatkan kesimpulan. Skripsi ini mengkaji terkait pemikiran humanis Ali Syariati yang memunculkan teori rausyan fikr dan implikasinya dalam dunia pendidikan agama Islam dengan sumber data primer didapatkan dari buku karangan Ali Syariati dan data sekunder dari buku-buku yang berkaitan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan Islam hendaknya tidak hanya diarahkan pada pemahaman nilai-nilai Islam yang berkutat pada pemaparan teori, melainkan peserta didik perlu dihadapkan dengan realitas sosial atau isu terkini yang sedang hangat sebagai pemantik berpikir kritis dan pembinaan karakter akan kesadaran realitas sosial. Simpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa esensi humanisme yang ideal adalah kembalinya manusia kepada Tuhan dengan melalui jalan ruhani yang mana bisa ditempuh dengan pendekatan pendidikan. Gagasan Rausyan Fikr yang ditawarkan oleh Ali Syariati diorientasikan pada kesadaran manusia akan dirinya untuk bertuhan dan membebaskan segala ketimpangan serta memanusiakan manusia dengan jalan pendidikan.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Creators:
CreatorsNIM/NPMEmail
RENCI, RENCINIM17250034UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorDacholfany, IhsanNIDN0229077501UNSPECIFIED
Thesis advisorCahyono, HeriNIDN0207088902UNSPECIFIED
Thesis advisorIswati, IswatiNIDN0212048503UNSPECIFIED
Additional Information: 004/FAI/2021
Uncontrolled Keywords: Humanis-Religius, Ali Syariati, Kurikulum Pendidikan Agama Islam
Subjects: 200 Agama > Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: M Derie Santana
Date Deposited: 18 Nov 2021 01:19
Last Modified: 18 Nov 2021 01:19
URI: http://eprints.ummetro.ac.id/id/eprint/853

Actions (login required)

View Item View Item