RENCI, RENCI (2021) ANALISIS KONSEP HUMANIS-RELIGIUS ALI SYARIATI DAN IMPLIKASINYA TERHADAP KURIKULUM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI INDONESIA. Skripsi (S1) thesis, https://ummetro.ac.id/.
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (346kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (128kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (100kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (207kB) | Preview |
Abstract
Sebagai acuan atau program untuk mencapai tujuan pendidikan, kurikulum mengambil peran penting dalam permasalahan dehumanisasi yang mulai menjalar di dunia pendidikan, khususnya pendidikan agama Islam. Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini yaitu bagaimana pemikiran humanis-religius Ali Syariati, implikasinya terhadap kurikulum pendidikan agama Islam di Indonesia, perbedaan pemikiran Ali Syariati dengan konsep humanis tokoh lainnya, pemikiran Ali Syariati dapat diakomodasi dalam kurikulum pendidikan agama Islam dan isu humanis-religius di dalam kurikulum pendidikan Islam dengan tujuan untuk menganalisis pemikiran Ali Syariati dan membandingkan perbedaan konsep humanis milik Ali dengan pemikiran humanis tokoh lainnya serta menarik kesimpulan mengenai implikasi dari pemikiran Ali Syariati terhadap kurikulum Pendidikan Agama Islam dan kegunaannya di lembaga pendidikan. Penelitian ini termasuk ke dalam penelitian kualitatif kepustakaan, untuk membahas permasalahan tersebut, peneliti menggunakan jenis penelitian study tokoh dengan pendekatan library research, yang menkaji secara teoritis dan mendalam untuk kemudian mendapatkan kesimpulan. Skripsi ini mengkaji terkait pemikiran humanis Ali Syariati yang memunculkan teori rausyan fikr dan implikasinya dalam dunia pendidikan agama Islam dengan sumber data primer didapatkan dari buku karangan Ali Syariati dan data sekunder dari buku-buku yang berkaitan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan Islam hendaknya tidak hanya diarahkan pada pemahaman nilai-nilai Islam yang berkutat pada pemaparan teori, melainkan peserta didik perlu dihadapkan dengan realitas sosial atau isu terkini yang sedang hangat sebagai pemantik berpikir kritis dan pembinaan karakter akan kesadaran realitas sosial. Simpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa esensi humanisme yang ideal adalah kembalinya manusia kepada Tuhan dengan melalui jalan ruhani yang mana bisa ditempuh dengan pendekatan pendidikan. Gagasan Rausyan Fikr yang ditawarkan oleh Ali Syariati diorientasikan pada kesadaran manusia akan dirinya untuk bertuhan dan membebaskan segala ketimpangan serta memanusiakan manusia dengan jalan pendidikan.
Item Type: | Thesis (Skripsi (S1)) |
---|---|
Additional Information: | 004/FAI/2021 |
Uncontrolled Keywords: | Humanis-Religius, Ali Syariati, Kurikulum Pendidikan Agama Islam |
Subjects: | 200 Agama > Pendidikan Agama Islam |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > S1 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | M Derie Santana |
Date Deposited: | 18 Nov 2021 01:19 |
Last Modified: | 18 Nov 2021 01:19 |
URI: | http://eprints.ummetro.ac.id/id/eprint/853 |
Actions (login required)
View Item |