PENGEMBANGAN MODULPEMBELAJARAN BIOLOGI BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING(PBL) DI SERTAI SOAL HIGHER ORDER THINKING SKILLS (HOTS) PADAMATERISISTEM PERNAPASAN UNTUK SISWA KELAS XI

FITRIYANI, SANTY (2021) PENGEMBANGAN MODULPEMBELAJARAN BIOLOGI BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING(PBL) DI SERTAI SOAL HIGHER ORDER THINKING SKILLS (HOTS) PADAMATERISISTEM PERNAPASAN UNTUK SISWA KELAS XI. Skripsi (S1) thesis, https://ummetro.ac.id/.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (235kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (472kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (154kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (97kB) | Preview
Official URL: https://lib.ummetro.ac.id/

Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan suatu produk bahan ajar berupa modul pembelajaran Biologi berbasis Problem Based Learning (PBL) pada materi sistem pernapasan kelas XI IPA SMA. Metode pengembangan modul ini adalah model Thiagarajan (4-D) yang mempunyai tahapan define, desighn, development, dan disseminate, tetapi pada pengembangan modul hanya tahap development. Hasil dari pengembangan modul biologi berbasis model pembelajaran PBL (Problem Based Learning) dari validasi ahli desain diperoleh presentase 88% (sangat baik). Hasil validasi ahli materi di peroleh presetase 94 (sangat baik). Hasil validasi ahli soal HOTS diperoleh presentase 86% (sangat baik) dan hasil uji coba peserta didik diperoleh hasil layak untuk digunakan . Berdasarkan hasil uji tersebut dapat disimpulkan bahwa keempat uji mendapatkan kategori ‘’sangat Baik’’ sehingga modul ini layak digunakan sebagai salah satu bahan ajar tambahan pada pembelajaran materi sistem pernapasan di sekolah.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Creators:
CreatorsNIM/NPMEmail
FITRIYANI, SANTYNIM17320017UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorRatini, RatiniNIDN0005076101UNSPECIFIED
Thesis advisorlepiyanto, agilNIDN0212028502UNSPECIFIED
Thesis advisorlepiyanto, agilNIDN0212028502UNSPECIFIED
Additional Information: 042/Pend.Biologi/2021
Uncontrolled Keywords: modul;model pembelajaran PBL (Problem Based learning)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > Pendidikan
500 Ilmu Murni > Biologi, Ilmu Hayati
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: M Derie Santana
Date Deposited: 17 Nov 2021 07:16
Last Modified: 17 Nov 2021 07:16
URI: http://eprints.ummetro.ac.id/id/eprint/850

Actions (login required)

View Item View Item