OPTIMALISASI PEMBELAJARAN PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI SD NENGERI 6 RUKTI BASUKI KECAMATAN RUMBIA TAHUN PELAJARAN 2020/2021

PUTRI UTAMI, ENI (2021) OPTIMALISASI PEMBELAJARAN PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI SD NENGERI 6 RUKTI BASUKI KECAMATAN RUMBIA TAHUN PELAJARAN 2020/2021. Skripsi (S1) thesis, https://ummetro.ac.id/.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (95kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (56kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (81kB) | Preview
Official URL: https://lib.ummetro.ac.id/

Abstract

Pembelajaran saat ini karena adanya covid-19 (Corona Virus Disease) maka pembelajaran sangat tidak efisien dan tidak dapat bertatap muka secara langsung antara guru, peserta didik dan teman-temannya. Oleh karena itu akibat pandemi covid 19 ini peserta didik diminta belajar dirumah dengan memanfaatkan teknologi, salahsatunya menggunakan Whatts Apps (WA), melalui WA guru hanya mengirimkan foto materi saja, hal ini membuat peserta didik sulit dalam memahami materi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui optimalisasi pembelajaran pada masa pandemi covid-19 Di SDN 6 Rukti Basuki Kecamatan Rumbia. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan pendekatan deskriptip kualitatif. Adapun alat pengumpul data dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisa datanya yaitu penalaran induktif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa, optimalisasi pembelajaran pada masa pandemi covid-19 Di SDN 6 Rukti Basuki Kecamatan Rumbia hal ini dilakukan dengan memanfaatkan beberapa macam jenis aplikasi untuk membuat video pembelajaran. Guru membuat video pembelajaran dan mengirimkannya melalui aplikasi whatsapp agar peserta didik dapat membuka kembali materi pembelajaran yang diberikan oleh guru tersebut dan mempelajarinya ulang. Pengoptimalan media pembelajaran berupa video pembelajaran yang dikembangkan melalui berbagai apalikasi diantaranya powtoon, canva, dan kie master dapat meningkatkan aktivitas belajar peserta didik, hal ini dapat diketahui dari respon peserta didik pada saat pembelajaran daring. Pada saat guru mengirimkan materi atau tugas dengan media video pembelajaran, respon peserta didik dalam memberikan tanggapan berupa pengiriman tugas menjadi lebih meningkat serta anak lebih antusias mengikuti pembelajaran daring, daripada dengan penggunaan media lain seperti foto materi ataupun hanya sekedar voicenote yang diberikan oleh guru.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Creators:
CreatorsNIM/NPMEmail
PUTRI UTAMI, ENINIM17130010UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorWibowo, AgusNIDN0222118203UNSPECIFIED
Thesis advisorPranoto, HadiNIDN0219079101UNSPECIFIED
Thesis advisorMudaim, MudaimNIDN0210117902UNSPECIFIED
Additional Information: 040/Bimbingan & Konseling/2021
Uncontrolled Keywords: Covid-19, Optimalisasi, Pembelajaran
Subjects: 300 Ilmu Sosial > Pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan Konseling
Depositing User: M Derie Santana
Date Deposited: 14 Oct 2021 03:41
Last Modified: 14 Oct 2021 03:41
URI: http://eprints.ummetro.ac.id/id/eprint/787

Actions (login required)

View Item View Item