PUTRI UTAMI, ENI (2021) OPTIMALISASI PEMBELAJARAN PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI SD NENGERI 6 RUKTI BASUKI KECAMATAN RUMBIA TAHUN PELAJARAN 2020/2021. Skripsi (S1) thesis, https://ummetro.ac.id/.
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (113kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (95kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (56kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (81kB) | Preview |
Abstract
Pembelajaran saat ini karena adanya covid-19 (Corona Virus Disease) maka pembelajaran sangat tidak efisien dan tidak dapat bertatap muka secara langsung antara guru, peserta didik dan teman-temannya. Oleh karena itu akibat pandemi covid 19 ini peserta didik diminta belajar dirumah dengan memanfaatkan teknologi, salahsatunya menggunakan Whatts Apps (WA), melalui WA guru hanya mengirimkan foto materi saja, hal ini membuat peserta didik sulit dalam memahami materi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui optimalisasi pembelajaran pada masa pandemi covid-19 Di SDN 6 Rukti Basuki Kecamatan Rumbia. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan pendekatan deskriptip kualitatif. Adapun alat pengumpul data dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisa datanya yaitu penalaran induktif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa, optimalisasi pembelajaran pada masa pandemi covid-19 Di SDN 6 Rukti Basuki Kecamatan Rumbia hal ini dilakukan dengan memanfaatkan beberapa macam jenis aplikasi untuk membuat video pembelajaran. Guru membuat video pembelajaran dan mengirimkannya melalui aplikasi whatsapp agar peserta didik dapat membuka kembali materi pembelajaran yang diberikan oleh guru tersebut dan mempelajarinya ulang. Pengoptimalan media pembelajaran berupa video pembelajaran yang dikembangkan melalui berbagai apalikasi diantaranya powtoon, canva, dan kie master dapat meningkatkan aktivitas belajar peserta didik, hal ini dapat diketahui dari respon peserta didik pada saat pembelajaran daring. Pada saat guru mengirimkan materi atau tugas dengan media video pembelajaran, respon peserta didik dalam memberikan tanggapan berupa pengiriman tugas menjadi lebih meningkat serta anak lebih antusias mengikuti pembelajaran daring, daripada dengan penggunaan media lain seperti foto materi ataupun hanya sekedar voicenote yang diberikan oleh guru.
Item Type: | Thesis (Skripsi (S1)) |
---|---|
Additional Information: | 040/Bimbingan & Konseling/2021 |
Uncontrolled Keywords: | Covid-19, Optimalisasi, Pembelajaran |
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Bimbingan Konseling |
Depositing User: | M Derie Santana |
Date Deposited: | 14 Oct 2021 03:41 |
Last Modified: | 14 Oct 2021 03:41 |
URI: | http://eprints.ummetro.ac.id/id/eprint/787 |
Actions (login required)
View Item |