PERBEDAAN AKTIVITAS DALAM PEMBELAJARAN DITINJAU DARI LOCUS OF CONTROL PESERTA DIDIK DI SMK KARTIKATAMA METRO TAHUN PELAJARAN 2019/2020

DARUL, YOAN (2021) PERBEDAAN AKTIVITAS DALAM PEMBELAJARAN DITINJAU DARI LOCUS OF CONTROL PESERTA DIDIK DI SMK KARTIKATAMA METRO TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Skripsi (S1) thesis, https://ummetro.ac.id/.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (633kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (635kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (253kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (5kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (8kB) | Preview
Official URL: https://lib.ummetro.ac.id/

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan aktivitas pembelajaran pada peserta didik yang mempunyai Locus of control internal dengan peserta didik yang memiliki locus of control eksternal. Metode penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian komparatif atau perbandingan. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh peserta didik di SMK Kartikatama Metro Tahun Pelajaran 2021. Sampel diambil dari keseluruhan populasi yang berjumlah 25 orang. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan angket locus of control dan angket aktivitas peserta didik. Adapun penskoran angket pada locus of control menggunakan skala Rotter dan Angkt aktivitas menggunakan skala likert. Analisis data menggunakan uji-t dengan bantuan aplikasi SPSS versi 20.0. Hasil penelitian ini diperoleh nilai t sebesar 2,682. Nilai ini kemudian dikonsultasikan dengan nilai t dengan taraf signifikansi 5% dan diperoleh nilai t tabel tabel 2,07. Selain itu, dari hasil perhitungan juga diperoleh niali signiikansi (p) sebesar 0,013 sehingga nilai p < 0,05. Berdasarkan hasil tersebut maka dapat disimpulkan ada perbedaan aktivitas belajar peserta didik yang memiliki locus of control internal dan locus of control eksternal. Jika dilihat dari reratanya, maka peserta didik yang memiliki locus of kontrol internal lebih besar aktivitasnya dari pada peserta didik yang memiliki locus of control eksternal.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Additional Information: 029/Bimbingan & Konseling/2021
Uncontrolled Keywords: Locus of control, aktivitas dalam pembelajaran
Subjects: 300 Ilmu Sosial > Pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Bimbingan Konseling
Depositing User: M Derie Santana
Date Deposited: 14 Oct 2021 02:09
Last Modified: 14 Oct 2021 02:09
URI: http://eprints.ummetro.ac.id/id/eprint/782

Actions (login required)

View Item View Item