DEWI, ROSITA (2021) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN DENGAN APLIKASI EDMODO BERBASIS PROBLEM SOLVING MATERI PERAN PELAKU EKONOMI DALAM PEREKONOMIAN KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH 1 SEKAMPUNG UDIK. Skripsi (S1) thesis, https://ummetro.ac.id/.
|
Text
COVER.pdf Download (10MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (10MB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (108kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (824kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (79kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (63kB) | Preview |
Abstract
Media pembelajaran yang digunakan guru di SMP Muhammadiyah 1 Sekampung Udik sangat terbatas sehingga banyak peserta didik yang kurang aktif dan kurang antusias dalam proses pembelajaran sehingga mengalami kesulitan untuk memahami materi peran pelaku ekonomi dalam perekonomian karena memiliki cakupan yang luas, untuk mengatasi permasalahan tersebut perlu adanya cara baru dalam menyampaikan materi agar lebih mudah dipahami oleh peserta didik. Alternatif yang dapat peneliti terapkan adalah menggunakan media pembelajaran dengan aplikasi edmodo berbasis problem solving. Penelitian ini bertujuan untuk mempermudah guru dalam menyampaikan materi, meningkatkan minat peserta didik dalam proses pembelajaran dan menghasilkan media pembelajaran yang valid dan praktis. Jenis penelitian yang digunakan adalah pengembangan dari metode research and development (R&D) dengan model pengembangan 4D. Proses untuk menghasilkan media pembelajaran diawali dengan tahap validasi oleh 2 ahli media dan 1 ahli materi. Media pembelajaran diujicobakan secara daring untuk mengukur respon peserta didik kelas VIII SMP Muhammadiyah 1 Sekampung Udik. Hasil penelitian menunjukan bahwa media pembelajaran dengan aplikasi edmodo berbasis problem solving ini layak digunakan dalam pembelajaran. Hal ini ditunjukan oleh hasil validasi dari ahli media ke-1 dengan persentase 77,3% dengan kriteria kuat, hasil validasi ahli media ke-2 dengan persentase 80% dengan kriteria kuat, hasil validasi ahli materi dengan persentase 88% dengan kriteria sangat kuat dan hasil uji coba yang terdiri 10 orang peserta didik dengan persentase 88,2% dengan kriteria sangat kuat. Berdasarkan persentase yang diperoleh dari rata-rata validasi ahli dan respon peserta didik maka media pembelajaran dinyatakan valid dan praktis.
Item Type: | Thesis (Skripsi (S1)) |
---|---|
Additional Information: | 002/Pend.Ekonomi/2021 |
Uncontrolled Keywords: | Edmodo, Pengembangan, Problem Solving |
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > Ilmu Ekonomi 300 Ilmu Sosial > Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | M Derie Santana |
Date Deposited: | 13 Oct 2021 07:55 |
Last Modified: | 13 Oct 2021 07:55 |
URI: | http://eprints.ummetro.ac.id/id/eprint/780 |
Actions (login required)
View Item |