PENGEMBANGAN ENSIKLOPEDIA DIGITAL BANGUNAN BERSEJARAH DI KOTA METRO SEBAGAI SUMBER BELAJAR SEJARAH LOKAL KELAS X SMA NEGERI 2 METRO

HIDAYANTI, TRI (2021) PENGEMBANGAN ENSIKLOPEDIA DIGITAL BANGUNAN BERSEJARAH DI KOTA METRO SEBAGAI SUMBER BELAJAR SEJARAH LOKAL KELAS X SMA NEGERI 2 METRO. Skripsi (S1) thesis, https://ummetro.ac.id/.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (259kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (397kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (159kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (227kB) | Preview
Official URL: https://lib.ummetro.ac.id/

Abstract

Observasi yang dilakukan di SMA Negeri 2 Metro pada tanggal 04 Desember 2020 mendapatkan hasil bahwa belum adanya sumber belajar sejarah lokal khususnya bangunan bersejarah di Kota Metro. Selain itu, pembelajaran sejarah yang diajarkan cenderung membahas peninggalan-peninggalan sejarah di Pulau Jawa, padahal Metro merupakan bagian dari pusat sejarah yang bergulir dalam sejarah nasional yang diajarkan di sekolah. Pembelajaran sejarah yang dilakukan di Sekolah belum memanfaatkan secara maksimal kemajuan teknologi, sumber belajar masih terfokus ke buku paket yang tebal dan berat. Hal ini dapat menurunkan minat belajar peserta didik. Penelitian ini memiliki tujuan untuk menghasilkan sumber belajar yang memanfaatkan kemajuan teknologi berupa ensiklopedia digital bangunan bersejarah di Kota Metro. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini merupakan pengembangan yang diadaptasi dari penelitian Sugiyono level 1, terdiri 5 tahapan yaitu (1) analisis potensi dan masalah, (2) pengumpulan data, (3) desain produk, (4) validasi desain dan materi, (5) perbaikan desain dan materi. Setelah melakukan observasi di sekolah dan menganalisis masalah serta kebutuhan, dikembangkanlah ensiklopedia digital ini. Dalam pengembangannya ensiklopedia digital bangunan bersejarah di Kota Metro telah melalui tahap validasi sebanyak dua kali sebelum diujicobakan secara terbatas kepada kelompok kecil. Produk ensiklopedia digital bangunan bersejarah yang dihasilkan telah melalui dua tahap tahap validasi dan revisi. Validasi ahli materi pertama mendapat rata-rata skor sebesar 81,87% sedangkan ahli desain sebesar 92%. Meskipun hasil ini sudah sangat baik namun terdapat beberapa saran ahli untuk mendapat produk yang lebih baik lagi, sehingga dilakukan revisi dan validasi tahap kedua yang mendapatkan skor 92,5% untuk ahli materi dan 94% ahli desain. Setelah direvisi produk mendapatkan kenaikan skor sebesar 10,63% pada validasi materi dan 2% pada validasi desain. Produk yang dihasilkan sudah sangat baik sehingga dapat dilakukan uji coba kelompok kecil terhadap 10 siswa kelas X SMAN 2 Metro dan mendapatkan hasil sebesar 87,5%. Hasil uji coba produk menunjukkan bahwa produk layak digunakan dalam proses pembelajaran dan dapat menjadi sumber belajar bagi guru dan peserta didik untuk menggunakan ensiklopedia digital ini.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Creators:
CreatorsNIM/NPMEmail
HIDAYANTI, TRINIM17220013UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorHidayat, BobiNIDN0219098502UNSPECIFIED
Thesis advisorKuswono, KuswonoNIDN0229118701UNSPECIFIED
Thesis advisorSumiyatun, SumiyatunNIDN0010105801UNSPECIFIED
Additional Information: 006/Pend.Sejarah/2021
Uncontrolled Keywords: Ensiklopedia digital, bangunan bersejarah, sejarah lokal, Kota Metro
Subjects: 300 Ilmu Sosial > Pendidikan
900 Sejarah dan Geografi > Ilmu Sejarah
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sejarah
Depositing User: M Derie Santana
Date Deposited: 06 Oct 2021 01:27
Last Modified: 06 Oct 2021 01:27
URI: http://eprints.ummetro.ac.id/id/eprint/765

Actions (login required)

View Item View Item