PENGARUH PENGGUNAAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE TGT BERBANTU MEDIA QUESTION BOX TERHADAP HASIL BELAJAR IPS TERPADU DI SMP NEGERI 2 BANJAR MARGO TAHUN PELAJARAN 2020/2021

NINGSIH, ASTIA (2021) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE TGT BERBANTU MEDIA QUESTION BOX TERHADAP HASIL BELAJAR IPS TERPADU DI SMP NEGERI 2 BANJAR MARGO TAHUN PELAJARAN 2020/2021. Skripsi (S1) thesis, https://ummetro.ac.id/.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (530kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (65kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (104kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (178kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (73kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (65kB) | Preview
Official URL: https://lib.ummetro.ac.id/

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang bertujuan untuk mengetahui penggunaan model Cooperative Learning Tipe TGT berbantu Media Question Box berpengaruh Terhadap Hasil Belajar IPS Terpadu di SMP Negeri 2 Banjar Margo Tahun Pelajaran 2020/2021. Hasil pra survei yang dilakukan di SMP Negeri 2 Banjar Margo diketahui permasalahan yang ada adalah peserta didik harus menyimak dan mencatat penjelasan dari guru yang menyebabkan jenuh dan banyak peserta didik yang belum tuntas dalam mata pelajaran IPS terpadu. Model pembelajaran Cooperative Learning Tipe TGT adalah tim grup turnamen yang melibatkan semua anggota peserta didik. Model pembelajaran ini akan memunculkan kerja sama dan semangat berkompetisi antar kelompok. Penelitian ini menggunakan metode Quasi Experimental Design bentuk NonEquivalent Control Group Design. Hasil perhitungan pengujian menunjukan bahwa t hitung > t tabel dapat dilihat pada daftar G, pada taraf signifikan 10% yaitu 1,595 > 1,314 dengan demikian H o ditolak dan H a diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif penggunaan model Model Kooperatif Tipe TGT berbantu Media Question Box terhadap hasil belajar kelas VII B IPS Terpadu di SMP Negeri 2 Banjar Margo. Dimana siswa yang dinyatakan tuntas KKM 75 setelah diberikan treatment sebanyak 21 atau 72,41 dan peserta didik yang dinyatakan belum tuntas sebanyak 8 atau 27,59%, maka dapat dikatakan proses pembelajaran tersebut berhasil.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Creators:
CreatorsNIM/NPMEmail
NINGSIH, ASTIANIM16210007UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorRatnawuri, TrianiNIDN0210078601UNSPECIFIED
Thesis advisorDwi Anggia, TiaraNIDN0219019102UNSPECIFIED
Thesis advisorNingrum, NingrumNIDN0025035801UNSPECIFIED
Additional Information: 035/Pend.Ekonomi/2019
Uncontrolled Keywords: Model Cooperative Learning Tipe TGT, Hasil Belajar
Subjects: 300 Ilmu Sosial > Ilmu Ekonomi
300 Ilmu Sosial > Pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: M Derie Santana
Date Deposited: 14 Sep 2021 07:43
Last Modified: 14 Sep 2021 07:43
URI: http://eprints.ummetro.ac.id/id/eprint/752

Actions (login required)

View Item View Item