PENGARUH PENGGUNAAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE SCRIPT BERBASIS POWER POINT TERHADAP HASIL BELAJAR IPS TERPADU SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 PUNGGUR TAHUN PELAJARAN 2019/2020

ASMARA RATIH, NOVITA (2020) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE SCRIPT BERBASIS POWER POINT TERHADAP HASIL BELAJAR IPS TERPADU SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 PUNGGUR TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Skripsi (S1) thesis, https://ummetro.ac.id/.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (7MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (4MB) | Preview
Official URL: https://lib.ummetro.ac.id/

Abstract

Model pembelajaran Cooperative Script adalah sebuah pembelajaran yang dilakukan secara berkelompok. Selain itu, pembelajaran tersebut menuntut peserta didik untuk berlatih konsentrasi dan memahami materi yang telah dipelajari.. Adapun yang menjadi permasalahan dalam penelitian yang dilakukan oleh peneliti yaitu “Masih banyak peserta didik yang belum mengalami ketuntasan belajar pada hasil belajar IPS peserta didik karena Komunikasi yang terjadi di kelas adalah komunikasi satu arah, yaitu guru kepada peserta didik sehingga menimbulkan rasa bosan bagi peserta didik, peserta didik juga tidak termotivasi dalam melakukan kegiatan pembelajaran. Dari permasalahan tersebut maka rumusan masalah dalam penelitian adalah "pengaruh penggunaan model cooperative learning tipe script berbasis power point terhadap hasil belajar ips terpadu peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Punggur tahun pelajaran 2019/2020”. Berdasarkan rumusan masalah yang menjadi tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan model cooperative learning tipe script berbasis power point terhadap hasil belajar IPS terpadu peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Punggur tahun pelajaran 2019/2020”. Metode eksperimen dalam proses pembelajaran dikelas menggunakan metodeeksperimen Quasi Experimental Design jenis Nonequivalent Control Group design. Berdasarkan analisis data hasil penelitian menggunakan rumus regresi linier sederhana diperoleh a = b = sehingga dengan demikianY = a + bX, adalah Y = + X. Kemudian, dari hasil analisis yang dilakukan maka terbukti bahwa ada pengaruh yang positif penggunaan model cooperative learning tipe script berbasis power point terhadap hasil belajar ips terpadu peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Punggur. Hal ini dibuktikan dengan penghitungan analisis data dapat diketahui bahwa nilai tersebut t hitung > t , dan terlihat bahwa pada taraf signifikan 5% yaitu 5,79 > 1,70. Dengan demikian maka hipotesis diterima yang berarti ada pengaruh yang positif penggunaan model cooperative learning tipe script berbasis power point terhadap hasil belajar ips terpadu peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Punggur tahun pelajaran 2019/2020”.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Creators:
CreatorsNIM/NPMEmail
ASMARA RATIH, NOVITANIM15210035UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorSetiawati, ElisNIDN0024036201UNSPECIFIED
Thesis advisorDwi Anggia, TiaraNIDN0219019102UNSPECIFIED
Thesis advisorPriandhari, MeytaNIDN0225059001UNSPECIFIED
Additional Information: 002/Pend.Ekonomi/2020
Uncontrolled Keywords: Model Cooperative Learning Tipe Script Berbasis Power Point, Hasil Belajar
Subjects: 300 Ilmu Sosial > Ilmu Ekonomi
300 Ilmu Sosial > Pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: M Derie Santana
Date Deposited: 06 Sep 2021 04:25
Last Modified: 06 Sep 2021 04:25
URI: http://eprints.ummetro.ac.id/id/eprint/702

Actions (login required)

View Item View Item