PENGEMBANGAN LEMBAR KEGIATAN PESERTA DIDIK (LKPD) BIOLOGI BERBASIS CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DISERTAI SOAL BERBASIS BERPIKIR KREATIF PADA POKOK BAHASAN MATERI PROTISTA UNTUK SISWA KELAS X SMA MUHAMMADIYAH 1 METRO

Nopita sari, eti (2020) PENGEMBANGAN LEMBAR KEGIATAN PESERTA DIDIK (LKPD) BIOLOGI BERBASIS CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DISERTAI SOAL BERBASIS BERPIKIR KREATIF PADA POKOK BAHASAN MATERI PROTISTA UNTUK SISWA KELAS X SMA MUHAMMADIYAH 1 METRO. Skripsi (S1) thesis, https://ummetro.ac.id/.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (10MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (9MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (100kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (832kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (54kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (77kB) | Preview
Official URL: https://lib.ummetro.ac.id/

Abstract

Tujuan pengembangan ini adalah menghasilkan produk berupa Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) yang disertai dengan soal berbasis kemampuan berpikir kreatif yang layak digunakan untuk siswa Kelas X SMA Muhammadiyah 1 Metro yang telah diujicobakan kepada peserta didik. LKPD ini disusun dengan menggunakan metode penelitian pengembangan (Research & Development) model Borg and Gall dengan pembatasan, tidak melewati prosedur uji pelaksanaan lapangan (operasional field testing), Penyempurnaan produk akhir (final product revision), diseminasi dan implementasi (dissemination and implementation). Hasil pengembangan yang dilakukan yaitu menghasilkan LKPD Biologi berbasis CTL disertai soal berbasis berpikir kreatif pada pokok bahasan materi protista untuk siswa kelas X SMA, Penilaian yang telah dilakukan pada lembar kegiatan peserta didik (LKPD) biologi berbasis CTL yang dikembangkan mendapatkan kriteria “sangat layak” untuk digunakan sebagai bahan ajar dan diterapkan dalam pembelajaran, dibuktikan dari nilai persentase rata-rata 94% (sangat layak) oleh ahli materi dan nilai persentase rata-rata 85,15% (sangat layak) oleh ahli desain. Berdasarkan nilai-nilai persentase rata-rata yang telah diberikan dapat disimpulkan bahwa bahan ajar yang dikembangkan yaitu Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) Biologi berbasis CTL sangat layak digunakan.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Creators:
CreatorsNIM/NPMEmail
Nopita sari, etiNIM14320062UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorSantoso, HandokoNIDN0023126010UNSPECIFIED
Thesis advisorLepiyanto, AgilNIDN0212028502UNSPECIFIED
Thesis advisorSutanto, AgusNIDN0027086201UNSPECIFIED
Additional Information: 055/Pend.Biologi/2020
Uncontrolled Keywords: LKPD, model pembelajaran CTL, soal berbasis berpikir kreatif
Subjects: 300 Ilmu Sosial > Pendidikan
500 Ilmu Murni > Biologi, Ilmu Hayati
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: M Derie Santana
Date Deposited: 01 Sep 2021 07:08
Last Modified: 01 Sep 2021 07:08
URI: http://eprints.ummetro.ac.id/id/eprint/680

Actions (login required)

View Item View Item