PENGARUH PENERAPAN LEMBAR KEGIATAN PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM KOORDINASI KELAS XI DI SMA NEGERI 1 SEKAMPUNG

yuliana, eva (2020) PENGARUH PENERAPAN LEMBAR KEGIATAN PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM KOORDINASI KELAS XI DI SMA NEGERI 1 SEKAMPUNG. Skripsi (S1) thesis, https://ummetro.ac.id/.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (706kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (340kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (195kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (413kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (82kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (97kB) | Preview
Official URL: https://lib.ummetro.ac.id/

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh LKPD berbasis pendekatan saintifik terhadap hasil belajar kognitif dan manakah yang lebih tinggi antara rata-rata hasil belajar kognitif Biologi Sistem Koordinasi menggunakan LKPD berbasis pendekatan saintifik dengan yang tidak menggunakan LKPD. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian eksperimen semu (Quasy Eksperimen). Desain eksperimen yang dipakai adalah Test-Only control Design, yaitu design ini memiliki 2 kelompok, kelompok yang pertama merupakan kelompok kelas eksperimen dan kelompok kelas kontrol. Sampel dalam penelitian ini didapat secara cluster random sampling, pengambilan sampel secara acak didapat dengan cara diundi yaitu kelas XI MIPA-1 sebagai kelas kontrol dan MIPA-2 kelas eksperimen. Instrumen dalam penelitian ini adalah tes yang berjumlah 17 soal. Berdasarkan hasil penelitian dapat dilihat rata-rata nilai kelas eksperimen adalah 86,44 dan rata-rata nilai kelas kontrol 70,88. α< t Berdasarkan hasil uji hipotesis menggunakan uji-t dua pihak diperoleh –t1 - 1 > t1 − 1 2 α (-2,00< 28,93 > 2,00) artinya Hasil belajar dikelas Eksperimen yang menggunakan LKPD tidak sama dengan hasil belajar di kelas Kontrol yang tidak menggunakan LKPD. Kemudian berdasarkan uji hipotesis menggunakan uji-t satu pihak diperoleh hasil –t daf <t (-1,67 < 28,41) artinya hasil belajar kelas eksperimen yang menggunakan LKPD lebih besar dari hasil belajar kelas kontrol yang tidak menggunakan LKPD di SMA Negeri 1 Sekampung.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Creators:
CreatorsNIM/NPMEmail
yuliana, evaNIM16320006UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorratini, ratiniNIDN0005076101UNSPECIFIED
Thesis advisormulyani, mulyaniNIDN0021036701UNSPECIFIED
Thesis advisorwidowati, heningNIDN0024056312UNSPECIFIED
Additional Information: 057/Pend.Biologi/2020
Uncontrolled Keywords: Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD),saintifik,hasil belajar
Subjects: 300 Ilmu Sosial > Pendidikan
500 Ilmu Murni > Biologi, Ilmu Hayati
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: M Derie Santana
Date Deposited: 01 Sep 2021 04:51
Last Modified: 01 Sep 2021 04:52
URI: http://eprints.ummetro.ac.id/id/eprint/679

Actions (login required)

View Item View Item