PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN APLIKASI FILMORA PADA MATERI PERTUMBUHAN DAN PEMBANGUNAN EKONOMI KELAS XI IPS DI SMA NEGERI 1 PUNGGUR

leriansari, nenti (2021) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN APLIKASI FILMORA PADA MATERI PERTUMBUHAN DAN PEMBANGUNAN EKONOMI KELAS XI IPS DI SMA NEGERI 1 PUNGGUR. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Metro.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (468kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (470kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (124kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (73kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://eprints.ummetro.ac.id/

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk menghasilkan produk media pembelajaran menggunakan aplikasi filmora. Berdasarkan temuan lapangan diketahui bahwa permasalahan yang ada peserta didik harus menyimak dan mencatat penjelasan dari guru. Tanpa penggunaan media dalam proses pembelajaran ekonomi. Media pembelajaran yang dihasilkan dapat digunakan sebagai media pembelajaran pada materi pertumbuhan dan pembangunan ekonomi. Model pengembangan ini menggunakan model 4D oleh Thiagarajan terdiri dari 4 tahap yaitu define, design, develop, dan dessemination. Penilaian media pembelajaran ini dilakukan dengan menggunakan penyebaran angket penilaian. Penilaian kelayakan media pembelajaran dilakukan oleh 2 ahli media dan 1 ahli materi, dilanjutkan dengan penilaian angket media pembelajaran oleh 20 peserta didik. Hasil penilaian ini selanjutnya dianalisis menggunakan angka persentase. Hasil uji ahli media terhadap media pembelajaran menunjukan hasil yang layak dengan nilai 77,4%. Sedangkan hasil uji ahli materi terhadap media pembelajaran menunjukan hasil yang sangat layak dengan nilai 88%. Hasil uji angket media pembelajaran oleh peserta didik menunjukan hasil yang sangat layak dengan nilai 94%. Berdasarkan hasil uji ahli dan ujicoba peserta didik menunjukan bahwa media pembelajaran pada materi pertumbuhan dan pembangunan ekonomi valid dan praktis sebagai media pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Creators:
CreatorsNIM/NPMEmail
leriansari, nentiNIM16210022UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorNingrum, NingrumNIDN0025035801UNSPECIFIED
Subjects: 300 Ilmu Sosial > Pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan Konseling
Depositing User: M Derie Santana
Date Deposited: 16 Aug 2021 02:44
Last Modified: 02 Mar 2022 07:04
URI: http://eprints.ummetro.ac.id/id/eprint/649

Actions (login required)

View Item View Item