DARIYANTI, DARIYANTI (2020) PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBANTU APLIKASI CAMTASIA STUDIO 8 MATERI KETENAGAKERJAAN UNTUK PESERTA DIDIK KELAS XI SMA NEGERI 1 PASIR SAKTI LAMPUNG TIMUR. Skripsi (S1) thesis, https://ummetro.ac.id/.
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (94kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (203kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (266kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (99kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (97kB) | Preview |
Abstract
video pembelajaran interaktif merupakan suatu sistem penyampaian pengajaran yang menyajikan materi video rekaman kepada peserta didik, dengan menyajikan pembelajaran yang menarik berupa teks, video, dan audio. Hasil pra survei pada guru dan peserta didik kelas XI IPS SMA Negeri 1 Pasir Sakti Lampung Timur menunjukan bahwa media ataupun bahan ajar yang digunakan hanya menggunakan buku paket, peneliti mengembangkan video pembelajaran interaktif berbantu aplikasi camtasia studio 8 yang valid dan praktis digunakan oleh peserta didik. Tujuan dari pengembangan ini adalah untuk menghasilkan video pembelajaran interaktif berbantu aplikasi camtasia studio 8 dapat membantu pemahaman peserta didik dalam belajar secara mandiri dan lebih aktif serta mampu mengeluarkan pendapatnya selama proses pembelajaran. Pengembangan media video pembelajaran interaktif berbantu aplikasi camtasia studio 8 ini menggunakan model pengembangan ADDIE, yang terdiri dari lima fase yaitu, Analysis (analisis), Design (perancangan), Development (pengembangan), Implementation (implementasi), dan Evaluation (evaluasi). Berdasarkan pada hasil pengembangan media video pembelajaran interaktif berbantu aplikasi camtasia studio 8 diketahui hasil analisis penilaian ahli media adalah 81% masuk dalam kriteria sangat valid untuk digunakan, pada analisis penilaian ahli materi adalah memperoleh presentase sebesar 84% masuk kedalam kriteria sangat valid. Dan pada analisis penilaian ahli soal hots memperoleh presentase sebesar 82% masuk dalam kriteris sangat valid. Pada uji coba kelompok kecil hasil analisis angket kepraktisan produk oleh peserta didik adalah 85% masuk dalam kriteria sangat praktis untuk digunakan dalam pembelajaran. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa media video pembelajaran interaktif berbantu aplikasi camtasia studio 8 valid dan praktis digunakan dalam proses pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Skripsi (S1)) |
---|---|
Additional Information: | 011/Pend.Ekonomi/2020 |
Uncontrolled Keywords: | Aplikasi Camtasia Studio 8, Interaktif, Video Pembelajaran |
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | M Derie Santana |
Date Deposited: | 16 Aug 2021 01:59 |
Last Modified: | 16 Aug 2021 01:59 |
URI: | http://eprints.ummetro.ac.id/id/eprint/647 |
Actions (login required)
View Item |