Mufida, Ika Royatul (2021) PENGEMBANGAN E-MODUL MATEMATIKA MENGGUNAKAN APLIKASI SIGIL PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR KELAS VIII SMP NEGERI 7 METRO. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Metro.
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (92kB) | Preview |
|
|
Text
COVER.pdf Download (691kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (221kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (407kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (92kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (284kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk (1) mengetahui proses pengembangan e-modul matematika menggunakan aplikasi sigil pada materi bangun ruang sisi datar kelas VIII SMP Negeri 7 Metro, (2) mengetahui kevalidan dan kepraktisan e-modul matematika menggunakan aplikasi sigil pada materi bangun ruang sisi datar kelas VIII SMP Negeri 7 Metro. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 7 Metro. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research Development) dengan model pengembangan Plomp (fase infestigasi awal (preliminary investigation), fase desain (design), fase realisasi/kontruksi (realization/contruction) dan fase tes, evaluasi dan revisi (test, evaluation and revision) dan implementasi (implementation)). Jenis data dalam penelitian ini berupa data kualitatif dan data kuantitatif. Instrumen pengumpulan data terdiri dari angket validasi oleh ahli dan angket kepraktisan produk oleh peserta didik. Hasil penelitian pengembangan ini adalah (1) proses pengembangan pada fase investigasi awal (preliminary investigation) diketahui kebutuhan peserta didik dalam belajar berupa e-modul matematika, fase desain (design) diperoleh rancangan e-modul matematika dan instrumen penilaian untuk digunakan dalam pengembangan e-modul, fase realisasi/konstruksi (realization/contruction) diperoleh hasil berupa e-modul matematika dan instrument penilai, fase tes, evaluasi dan revisi (test, evaluation and revision) didapat e-modul yang valid dan praktis. (2) e-modul matematika telah dinyatakan sangat valid dengan rata-rata persentase 86,35%, sedangkan untuk hasil uji coba kepraktisan e-modul matematika dinyatakan sangat praktis dengan rata-rata persentase 87,4%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa e-modul matematika menggunakan aplikasi sigil pada materi bangun ruang sisi datar kelas VIII SMP Negeri 7 Metro telah dinyatakan valid dan praktis. Kata kunci: bangun ruang sisi datar; e-modul, learning obstacle; sigil; pengembangan.
Item Type: | Thesis (Skripsi (S1)) |
---|---|
Additional Information: | 001/Pend. Matematika/2021 |
Uncontrolled Keywords: | Bangun Ruang Sisi Datar; E-modul, Learning Obstacle; Sigil; Pengembangan |
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > Pendidikan 500 Ilmu Murni > Matematika |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Feri Apriyanto |
Date Deposited: | 12 Aug 2021 03:37 |
Last Modified: | 12 Aug 2021 03:37 |
URI: | http://eprints.ummetro.ac.id/id/eprint/642 |
Actions (login required)
View Item |