Depriana, Erma (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPESTUDENTTEAMS ACHIEVEMENT DIVISION(STAD) TERHADAP KOMUNIKASI MATEMATIS PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP NEGERI 3 BATANGHARI. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Metro.
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (6MB) | Preview |
|
|
Text
COVER.pdf Download (6MB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (106kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (293kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (64kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah 1 ) untuk mengetahui seberapa besar pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Terhadap Komunikasi Matematis Peserta didik Kelas VIII SMP Negeri 3 Batanghari, 2 ) untuk mengetahui mana yang lebih tinggi antara rata-rata kemampuan komunikasi matematis peserta didik dengan menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD atau yang menggunakan Model Pembelajaran Konvensional. Jenis Penelitian ini adalah Quasi Exsperiment, dengan rancangan penelitian Posttest-Only Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII SMP Negeri 3 Batanghari Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2020/2021. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Instrument dalam penelitian ini adalah tes uraian yang terdiri dari 5 butir soal essay materi pola bilangan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa 1 ) Model pembelajaran kooperatif tipe STAD lebih berpengaruh terhadap komunikasi matematis peserta didik kelas VIII SMP Negeri 3 Batanghari dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional, 2 ) Rata-rata komunikasi matematis kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan rata-rata komunikasi matematis kelas kontrol. Hal tersebut dapat dilihat dari rata-rata nilai kelas eksperimen yaitu 77,66 dan rata-rata nilai kelas kontrol 73,19. Berdasarkan rumusan masalah pada penelitian ini maka hasil analisis data menggunakan uji hipotesis yaitu uji-t dua pihak diperoleh > (4,92 > 2,00 )artinya ada perbedaan antara rata-rata ( ) komunikasi matematis peserta didik yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan yang menggunakan model pembelajaran konvensional. Kemudian berdasarkan uji hipotesis menggunakan uji-t satu pihak diperoleh hasil > (5,02 > 2,00 )artinya rata-rata hasil komunikasi ( ) matematis peserta didik yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD lebih tinggi daripada yang menggunakan model pembelajaran konvensional. Kata Kunci: Student Teams Achievement Division (STAD), dan Komunikasi Matematis
Item Type: | Thesis (Skripsi (S1)) |
---|---|
Additional Information: | 036/Pend. Matematika/2020 |
Uncontrolled Keywords: | Student Teams Achievement Division (STAD), dan Komunikasi Matematis |
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > Pendidikan 500 Ilmu Murni > Matematika |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Feri Apriyanto |
Date Deposited: | 12 Aug 2021 02:52 |
Last Modified: | 12 Aug 2021 02:52 |
URI: | http://eprints.ummetro.ac.id/id/eprint/639 |
Actions (login required)
View Item |