PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATEMATIKA MENGGUNAKAN PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATIC EDUCATION (RME) DISERTAI CERGAM PADA MATERI BENTUK ALJABAR KELAS VII SMP MUHAMMADIYAH 1 MARGA TIGA

Noviarni, Erina (2020) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATEMATIKA MENGGUNAKAN PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATIC EDUCATION (RME) DISERTAI CERGAM PADA MATERI BENTUK ALJABAR KELAS VII SMP MUHAMMADIYAH 1 MARGA TIGA. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Metro.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (295kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (243kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (277kB) | Preview
Official URL: http://eprints.ummetro.ac.id

Abstract

ABSTRAK Bahan ajar yang digunakan di SMP Muhammadiyah 1 Marga Tiga, menurut pendidik peserta didik masih mengalami kesulitan. Bahan ajar belum sepenuhnya berisi dalam kehidupan keseharian peserta didik, serta belum terdapat cerita bergambar hal ini sesuai dengan analisis kebutuhan. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk;1) Mengatasi masalah di kelas VII B SMP Muhammadiyah 1 Marga Tiga, 2) Menghasilkan bahan ajar menggunakan pendekatan Realistic Mathematic Education (RME) disertai Cerita Bergambar (CERGAM) pada materi bentuk aljabar yang valid dan praktis. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Develop, Implementation, Evaluation), yang hanya terfokus pada pengembangan produk saja, tahap Implementation tidak digunakan, tahap Evaluation dilakukan berdasarkan komentar dan saran. Instrumen yang digunakan berupa lembar validasi ahli dan lembar angket respon peserta didik. Teknik analisis data mencakup analisis data validasi dan analisis data kepraktisan. Teknik pengumpulan data dengan uji coba kelompok kecil secara video call grup melalui aplikasi whatsapp. Berdasarkan hasil penilaian ahli materi didapatkan persentase sebesar 88,68% masuk dalam katagori sangat valid, hasil validasi ahli media didapatkan persentase sebesar 87,49% masuk dalam katagori sangat valid, dari kedua hasil persentase validasi ahli diperoleh rata-rata yaitu 88,08% dalam kategori sangat valid. Sedangkan untuk hasil uji kepraktisan bahan ajar dengan rerata total 3,90 yang dikategorikan sangat praktis Kata Kunci: Bahan Ajar, CERGAM , Pengembangan, Realistic Mathematic Education (RME)

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Creators:
CreatorsNIM/NPMEmail
Noviarni, Erinanim16310010UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorVahlia, Iranidn0206128901UNSPECIFIED
Thesis advisorAgustina, Rinanidn0212088701UNSPECIFIED
Thesis advisorAndayani, Sutrisninidn0013056803UNSPECIFIED
Additional Information: 033/Pend. Matematika/2020
Uncontrolled Keywords: Bahan Ajar, CERGAM , Pengembangan, Realistic Mathematic Education (RME)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > Pendidikan
500 Ilmu Murni > Matematika
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Feri Apriyanto
Date Deposited: 10 Aug 2021 03:54
Last Modified: 10 Aug 2021 04:10
URI: http://eprints.ummetro.ac.id/id/eprint/628

Actions (login required)

View Item View Item