Pengaruh Layanan Informasi Menggunakan Teknik Sosiodrama Terhadap Peran Sosial Peserta Didik SMA Muhammadiyah 1 Metro Tahun Pelajaran 2019/2020

handiliana, baqista (2020) Pengaruh Layanan Informasi Menggunakan Teknik Sosiodrama Terhadap Peran Sosial Peserta Didik SMA Muhammadiyah 1 Metro Tahun Pelajaran 2019/2020. Skripsi (S1) thesis, https://ummetro.ac.id/.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (7MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (189kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (305kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (308kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (284kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (192kB) | Preview
Official URL: https://lib.ummetro.ac.id/

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh layanan informasi menggunakan teknik sosiodrama terhadap peran sosial peserta didik SMA Muhammadiyah 1 Metro Tahun Pelajaran 2019/2020. Penelitian ini menggunakan desain kuantitatif eksperimen dengan One Group Pretest-Posttest Design. Populasi penelitian sebanyak 159 dengan total peran sosial rendah sebanyak 19 peserta didik. Sampel penelitian berjumlah 19 peserta didik total dari populasi. Instrumen dalam pengambilan data menggunakan metode kuesioner model skala likert. Analisis data yang digunakan yaitu uji t. Hasil perhitungan data adalah diperoleh t hitung = 59983 > 1,729 dari signifikasi 0,05, selain itu diketahui bahwa terjadi peningkatan skor pre-test sebesar 88,9 dan post-test sebesar 115,8 sehingga terjadi kenaikan skor sebanyak 22,2. Hal itu menunjukkan bahwa layanan informasi menggunakan teknik sosiodrama berpengaruh terhadap peran sosial peserta didik. Kesimpulan pada penelitian ini adalah ada pengaruh pemberian layanan informasi menggunakan teknik sosiodrama terhadap peran sosial peserta didik SMA Muhammadiyah 1 Metro Tahun Pelajaran 2019/2020. Saran sebaiknya kegiatan layanan bimbingan dan konseling guru BK sering memberikan layanan dalam pemahaman peran sosial peserta didik, agar lebih paham dengan peran yang dijalankan, memberikan layanan informasi terkait peran sosial kepada peserta didik agar mengetahui informasi tentang peran sosial dan menerapkan peran yang dijalankan.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Additional Information: 014/bimbingan & konseling/2020
Uncontrolled Keywords: Layanan Informasi, Sosiodrama, Peran Sosial.
Subjects: 300 Ilmu Sosial > Pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Bimbingan Konseling
Depositing User: M Derie Santana
Date Deposited: 15 Jul 2021 04:32
Last Modified: 15 Jul 2021 04:32
URI: http://eprints.ummetro.ac.id/id/eprint/607

Actions (login required)

View Item View Item