PENGARUH STRATEGI SPIRITUAL TEACHING GURU AL ISLAM TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA SMP MUHAMMADIYAH 1 METRO

ARIYATI, ARIYATI (2020) PENGARUH STRATEGI SPIRITUAL TEACHING GURU AL ISLAM TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA SMP MUHAMMADIYAH 1 METRO. Skripsi (S1) thesis, UNSPECIFIED.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (683kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (9kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (174kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (314kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (81kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR LITERATUR.pdf

Download (72kB) | Preview
Official URL: http://eprints.ummetro.ac.id

Abstract

Pendidikan adalah suatu proses dalam rangka mempengaruhi peserta didik supaya mampu menyesuaikan diri sebaik mungkin dengan lingkungannya pendidikan merupakan bagian integral dalam pembangunan proses pendidikan tak dapat terpisahkan dari proses pembangunan itu sendiri, pembangunan diarahkandan bertujuan untuk mengembangkan Sumber Daya Manusia yang berkualitas. Tujuan penelitian dalam penulisann ini adalah Untuk mengetahui pengaruh strategi spiritual teachingterhadap motivasi belajar siswa dalam mata pelajaran Al Islam di SMP Muhammadiyah 1 Metro. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan random sampling. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh Siswa Smp Muhammadiyah 1 Metro. Teknik pengambilan sample dengan random sampling. Instrumen yang digunakan adalah angket. Sebelum Istrumen digunakan, terlebih dahulu dilakukan uji validitas dan reliabilitasnya. Teknik analisis data peneliti menggunakan Regresi. Teknik pengumpulan data ini menggunakan metode wawancara, dokumentasi dan observasi. Penelitian ini membuktikan bahwa ada Pengaruh strategi spiritual teachingterhadap Motivasi Belajar. Hal ini ditunjukkan berdasarkan hasil analisis menggunakan regresi dan mendapatkan hasil Fhitung sebesar 3.85 dengan tingkat signifikansi lebih besar dari 0.05 dengan hasil 0,38. Dari hasil uji diketahui ada Pengaruh signifikanSpiritual Teachingterhadap Motivasi Belajar sebesar 38 %, hal ini menunjukkan bahwa masih ada sebesar 62% pengaruh variabel lain yang belum diteliti dalam penelitian ini.Penelitian ini menyatakan bahwa strategi spiritual teaching secara signifikan menentukan tinggi rendahnya motivasi belajar siswa terhadap pelajaran Al Islam di SMP Muhammadiyah 1 Metro. untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dalam pelajaran Al Islam dapat dilakukan dengan meningkatkan strategi spiritual teaching guru Al Islam, baik ketika kegiatan belajar mengajar berlangsung ataupun di luar kegiatan belajar mengajar. Seorang guru yang memiliki strategi spiritual teaching yang tinggi akan dapat meningkatkan motivasi belajar siswa, sehingga siswa memiliki motivasi yang tinggi ketika mengikuti pelajaran Al Islam. Sebaliknya, seorang guru memiliki spiritual teaching yang rendah mengakibatkan motivasi belajar siswa menjadi rendah.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Creators:
CreatorsNIM/NPMEmail
ARIYATI, ARIYATInpm16250038UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorDacholfany, M. Ihsannidn8852400016UNSPECIFIED
Thesis advisorIswati, Iswatinidn0212048503UNSPECIFIED
Thesis advisorCahyono, Herinidn0207088902UNSPECIFIED
Additional Information: 046/fai/2020
Uncontrolled Keywords: Spiritual teaching , Motivasi Belajar
Subjects: 200 Agama > Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: editor library ummetro
Date Deposited: 01 Mar 2021 03:45
Last Modified: 01 Mar 2021 03:47
URI: http://eprints.ummetro.ac.id/id/eprint/582

Actions (login required)

View Item View Item