PENGARUH JENIS DAN UKURAN BIOMASSA DENGAN MENGGUNAKAN ZEOLIT ALAM SEBAGAI FILTER TERHADAP PEMBAKARAN DAN NYALA API PADA PROSES GASIFIKASI

Prihartato, Bayu (2020) PENGARUH JENIS DAN UKURAN BIOMASSA DENGAN MENGGUNAKAN ZEOLIT ALAM SEBAGAI FILTER TERHADAP PEMBAKARAN DAN NYALA API PADA PROSES GASIFIKASI. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Metro.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (13kB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (9MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (378kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (353kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (144kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR LITERATUR.pdf

Download (396kB) | Preview
Official URL: http://eprints.ummetro.ac.id

Abstract

Gasifikasi merupakan metode mengkonversi secara termokimia bahan bakar padat menjadi bahan bakar gas (syn-gas) dalam wadah gasifer dengan menyuplai agen gasifikasi seperti uap panas, udara dan lainnya. Biomassa merupakan suatu bahan bakar atau energi terbarukan yang mudah didapat seperti, biomassa pertanian seperti sekam padi, tongkol jagung, biomassa perkebunan, seperti kayu karet. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui pengaruh perbandingan temperatur dan lama pembakaran, jumlah tar dan jumlah arang. Mengetahui perbandingan jenis biomassa terhadap besar nyala api, warna nyala api dan lama waktu nyala api dengan menggunakan filter zeolit alam. Metode pengujian yang dilakukan yaitu memvariasikan jenis biomassa, biomassa yang digunakan yaitu tongkol jagung, kayu karet, sekam padi. Berdasarkan hasil penelitian pengaruh pada variasi biomassa terhadap temperatur dan lama waktu pembakaran yaitu jenis biomassa yang di variasikan mempengaruhi temperatur, yaitu biomassa sekam padi dengan temperatur tertinggi 569,9 °C dan waktu pembakaran terlama yaitu biomassa sekam padi 120 menit, Jumalah tar terbanyak didapatkan pada biomassa sekam padi yaitu 498 gram dan arang terbanyak didaptkan pada biomassa kayu karet yaitu 3 kg. Terhadap besar nyala api didapatkan nyala api yang terbesar dengan biomassa sekam padi, warna nyala api terbaik didapatkan dengan biomassa sekam padi yaitu berwarna biru, waktu nyala api terlama didapatkan dengan biomassa sekam padi yaitu 74,3 menit. Dapat disimpulkan bahwa penggunaan jenis biomassa mempengaruhi temperatur,lama pembakaran,jumlah tar dan jumlaha arang, besar nyala api, warna nyala api dan lama waktu nyala api.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Creators:
CreatorsNIM/NPMEmail
Prihartato, Bayunpm13520020UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorRidhuan, Kemasnidn02110096904UNSPECIFIED
Thesis advisorMafruddin, Mafruddinnidn0215019001UNSPECIFIED
Thesis advisorNugroho, Ekonidn0016067801UNSPECIFIED
Additional Information: 055/TEKNIK/2020
Uncontrolled Keywords: Gasifikasi, Pembakaran, Biomassa, Zeolit, Nyala Api
Subjects: 600 Ilmu Terapan > Teknik Mesin
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Mesin
Depositing User: Asih Kurniasih
Date Deposited: 03 Feb 2021 03:50
Last Modified: 03 Feb 2021 03:50
URI: http://eprints.ummetro.ac.id/id/eprint/534

Actions (login required)

View Item View Item