EFEKTIVITAS KARTU MUHASABAH DALAM MEMBANGUN TINGKAT KEDISIPLINAN DAN KECERDASAN SPIRITUAL SANTRI DI PONDOK PESANTREN ISLAM AL ABROR KOTA METRO

PRATAMA, RAGA SANDI (2019) EFEKTIVITAS KARTU MUHASABAH DALAM MEMBANGUN TINGKAT KEDISIPLINAN DAN KECERDASAN SPIRITUAL SANTRI DI PONDOK PESANTREN ISLAM AL ABROR KOTA METRO. Skripsi (S1) thesis, Fakultas Agama Islam.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (31kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (418kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (632kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (97kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (247kB) | Preview
Official URL: http://eprints.ummetro.ac.id

Abstract

Salah satu indikator suksesnya sebuah kegiatan pembelajaran adalah terciptanya sebuah kedisiplinan dan terasahnya kecerdasan peserta didik yang salah satunya adalah kecerdasan spiritual, yang mana kecerdasan spiritual itu sendiri adalah sebagai kecerdasan inti dari kecerdasan yang lain yang dimiliki oleh manusia. Namun, demi terbentuknya sebuah kedisiplinan dan kecerdasan spiritual terhadap peserta didik butuh sebuah proses dan pembiasaan, dan juga harus dilengkapi dengan media pendukungnya. Di Pondok Pesantren Islam Al Abror Kota Metro dalam membentuk karakter disiplin dan melatih kecerdasan spiritual para santrinya menggunaakan media kartu muhasabah. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui bagaimana proses peneparan kartu muhasabah di Pondok Pesantren Islam Al Abror Metro, (2) untuk mengetahui tingkat efektivitas kartu muhasabah dalam membentuk kedisiplinan santri, (3) untuk mengetahui tingkat efektivitas kartu muhasabah untuk meningkatkat kuwalitas kecerdasan spiritual santri, (4) dan untuk mengetahui apa saja kelebihan dan kekurangan kartu muhasabah. Jenis penelitian ini adalah deskritif kualitatif yaitu data-data yang berhasil didapat dikumpulkas kemudian dideskripsikan dan diinterprestasikan dalam bentuk kata-kata. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan fenomenologi. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, interview (wawancara) dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian yang telah peneliti lakukan maka dapat disimpulkan bahwa efektivitas kartu muhasabah dalam membangun tingkat kedisiplinan dan kecerdasan spiritual santri dapat di kategorikan cukup baik. Hal ini dapat dilihat dari beberapa indikasi yang ada diantaranya kedisiplinan yang mengalami peningkatan setiap tahunnya, indikasinya adalah semakin berkurangnya tingkat pelanggaran santri, semakin tingginya semangat santri berlomba-lomba dalam kebaikan. Kemudian dalam hal kecerdasan spiritual indikasinya adalah terbentuknya kesadaran para santri dalam menjalankan ibadah ataupun aktivitas yang lainnya, mayoritas santri mampu menjelaskan apa tujuan dan manfaat aktivitas ibadah yang mereka lakukan setiap hari. Beberapa kelebihan kartu muhasabah sendiri adalah menambah semangat santri dalam berlomba-lomba dalam kebaikan, membiasakan mereka dengan suatu hal yang baik, melatih kejujuran santri, memudahkan bidang kesantrian dalam mengontrol aktivitas para santri, kekurangannya adalah masih adanya beberapa santri yang lalai dan tidak jujur dalam mengisi kartu muhasabah tersebut, kemudian juga karena sifat kartu muhasabah yang bentuknya lembaran maka mudah robek dan hilang.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Creators:
CreatorsNIM/NPMEmail
PRATAMA, RAGA SANDIUNSPECIFIEDragasandi@gmail.com
Uncontrolled Keywords: Kartu Muhasabah, Kedisiplinan, Kecerdasan Spiritual
Subjects: 100 Filsafat dan Psikologi > Psikologi/Ilmu Jiwa
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: editor library ummetro
Date Deposited: 08 Jan 2020 06:58
Last Modified: 08 Jan 2020 06:58
URI: http://eprints.ummetro.ac.id/id/eprint/51

Actions (login required)

View Item View Item