PERTIMBANGAN HAKIM DALAM MENJATUHKAN PUTUSAN TERHADAP PELAKU PENGALIHAN OBJEK JAMINAN FIDUSIA Studi Putusan Pengadilan Negeri Metro Nomor: 68/Pid.Sus/2019/PN Met)

Febriansyah, Denny (2020) PERTIMBANGAN HAKIM DALAM MENJATUHKAN PUTUSAN TERHADAP PELAKU PENGALIHAN OBJEK JAMINAN FIDUSIA Studi Putusan Pengadilan Negeri Metro Nomor: 68/Pid.Sus/2019/PN Met). Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Metro.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (66kB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (189kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (115kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (64kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (67kB) | Preview
Official URL: http://eprints.ummetro.ac.id

Abstract

Fidusia adalah pengalihan yang sifatnya contitutum possesorium. Dampak hubungan hukum yang berdasar kepercayaan, pengalihan objek jaminan fidusia oleh debitur dapat terjadi tanpa sepengetahuan kreditur. Hakim sebagai sentral dalam persidangan dapat menjatuhkan putusan penjara terhadap pelaku sebagai bentuk penegakan dan perlindungan hukum. Hakim memberikan putusannya tentu tidak lepas dari pertimbangan hakim di dalamnya. Oleh karena itulah yang dikaji oleh penulis dalam penelitian ini yakni terkait pertimbangan hakim dalam menjatuhkan putusan terhadap pelaku pengalihan objek jaminan fidusia berdasarkan surat putusan Pengadilan Negeri Metro Kelas I B Nomor : 68/Pid.Sus/2019/PN Met. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan yuridis empiris yang disertai dengan data-data yuridis normatif. Lokasi penelitian adalah Pengadilan Negeri Metro dengan pokok penelitian berdasarka Putusan Nomor: 68/Pid.Sus/2019/PN Met. Jenis dan Sumber data penelitian ini adalah: data primer diperoleh dari wawancara secara langsung kepada responden dalam hal ini adalah Hakim serta data sekunder diperoleh dan bersumber dari penelaahan studi keputusan berupa literatur-literatur, karya ilmiah (hasil penelitian), peraturan perundang-undangan, majalah, surat kabar, dokumentasi dari berbagai instansi yang terkait serta bahan-bahan tertulis lainnya yang berkaitan dengan penelitian. Teknik pengumpulan data penelitian ini adalah melalui penelitian kepustakaan, penelitian tersebut dilakukan dengan cara mempelajari berbagai buku, dokumen, makalah, artikel dan peraturan perundang-undangan yang berkaitan dengan objek penelitian serta bahan hukum yang digunakan dalam penulisan hukum ini meliputi bahan hukum primer, sekunder, tersier dan penelitian lapangan, penelitian tersebut dilakukan agar memperoleh data secara langsung ditempat penelitian yang dituju dengan menggunakan dua cara yaitu dengan observasi dan wawancara. Analisis data menggunakan analisis kualitatif. Berdasarkan hasil penilitian yang diperoleh dari wawancara di Pengadilan Negeri Metro penulis dapat menyimpulkan alasan hakim jucto Undang-Undang Jaminan Fidusi dengan KUHP karena hakim memutus perkara tersebut berdasarkan dakwakaan dari Penuntut Umum dan oleh karena unsur di dalam dakwaan Penuntut Umum tersebut terpenuhi maka terdakwa dinyatakan terbukti secara sah dan dinyatakan bersalah oleh Hakim Pengadilan Negeri Metro, dan perbuatan mengalihkan objek jaminan fidusia adalah perbuatan menguasai secara melawan hukum yang telah menyalahgunakan hak atau kepercayaan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 36 Undang-Undang Jaminan Fidusia.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Creators:
CreatorsNIM/NPMEmail
Febriansyah, Dennynim16810059UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorArifin, Samsulnidn0201048703UNSPECIFIED
Thesis advisorPertiwi, Desy Arthanidn022218503UNSPECIFIED
Thesis advisorBennadi, Bennadinidn0206116501UNSPECIFIED
Additional Information: 023/HUKUM/2020
Uncontrolled Keywords: Pertimbangan Hakim, Jaminan Fidusia
Subjects: 300 Ilmu Sosial > Ilmu Hukum
Divisions: Fakultas Hukum > S1 Hukum
Depositing User: Tri Krisniati
Date Deposited: 20 Jan 2021 06:45
Last Modified: 20 Jan 2021 06:45
URI: http://eprints.ummetro.ac.id/id/eprint/504

Actions (login required)

View Item View Item