PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PjBL) BERBANTU FOTONOVELA TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS X MA BUSTANUL „ULUM JAYASAKTI TAHUN 2019/2020

Prabowo, Yoga Fajar (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PjBL) BERBANTU FOTONOVELA TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS X MA BUSTANUL „ULUM JAYASAKTI TAHUN 2019/2020. Skripsi (S1) thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (174kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (215kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (435kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (148kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (128kB) | Preview
Official URL: http://eprints.ummetro.ac.id

Abstract

Model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) berbantu Fotonovela sangat cocok diterapkan pada pembelajaran mata pelajaran Ekonomi karena dalam mempelajari Ekonomi tidak cukup hanya mengetahui dan menghafal konsep-konsep Ekonomi tetapi juga dibutuhkan suatu pemahaman serta kemampuan menyelesaikan persoalan Ekonomi dengan baik dan benar. Melalui model pembelajaran ini peserta didik dapat mengemukakan pemikirannya, saling bertukar pendapat, saling bekerja sama jika ada teman dalam kelompoknya yang mengalami kesulitan. Diperoleh informasi berupa hasil Semester ganjl tahun pelajaran 2019/2020. Pada hasil belajar tersebut masih bnyak peserta didik yang belum memenuhi kriteria ketuntasan minimum yaitu 75 Hasil belajar peserta didik kelas X IPS 1 yang mencapai ketuntasan hanya 6 peserta didik. Sedangkan yang tidak mencapai ketuntasan sebanyak 19 peserta didik. Dalam uji hipotesis yang berbunyi “terdapat pengaruh positif penggunaan Metode Pembelajaran PJBL berbantu Fotonovela terhadap hasil belajar Ekonomi Kelas X IIS 1 MA Bustanul „Ulum Tahun 2019/2020”. Maka hipotesis tersebut dapat dikatakan diterima. Dikatakan diterima karena dapat dilihat dari hasil belajar yang mengalami perubahan kearah yang positif dari 5 peserta didik (22,73%) yang terbilang tuntas, berubah menjadi 16 peserta didik (72,73%). Dengan kata lain hasil belajar dari proses pembelajaran menggunakan Model Pembelajaran PJBL berbantu Fotonovela mengalami peningkatan yang jelas. Jadi penggunaan Model Pembelajaran PJBL berbantu Fotonovela dapat digunakan dalam proses pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar, terutama dalam mata pelajaran Ekonomi.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Metode Project Based Learning , Fotonovela , Hasil Belajar
Subjects: 300 Ilmu Sosial > Pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: editor library ummetro
Date Deposited: 08 Jan 2020 04:16
Last Modified: 08 Jan 2020 04:42
URI: http://eprints.ummetro.ac.id/id/eprint/49

Actions (login required)

View Item View Item