Analisis Good Corporate Governance Sebagai Pilar Implementasi Corporate Sosial Responsibility (PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk Kantor Cabang Metro)

Hafiz, Muhammad (2020) Analisis Good Corporate Governance Sebagai Pilar Implementasi Corporate Sosial Responsibility (PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk Kantor Cabang Metro). Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Metro.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (8MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (63kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (108kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (72kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (65kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (88kB) | Preview
Official URL: http://eprints.ummetro.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara penerapan prinsip tata kelola perusahaan (GCG) terhadap pelaksanaan praktik tanggungjawab sosial perusahaan (CSR) serta motif-motif dibalik praktik dan pengungkapan CSR yang dilakukan oleh perusahaan. Pada Prinsip tata kelola perusahaan yang baik (GCG) didalamnya terdapat prinsip responsibilitas yang diimplementasikan dalam bentuk pelaksanaan program CSR. Pertanyaan penelitian utama dari studi ini adalah bagaimana perusahaan melakukan penerapan prinsip GCG terutama prinsip responsibilitas serta bagaimana implementasinya terhadap praktik CSR dan bagaimana perusahaan melakukan pengungkapan CSR serta motif apa saja dibalik pengungkapan CSR tersebut. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara dan analisis dokumen-dokumen perusahaan. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan triangulasi dan interpretasi. Hasil penelitian ini menunjukan adanya peranan penting antara penerapan GCG dengan pelaksanaan praktik CSR, dimana dengan penerapan prinsip GCG maka implementasinya terhadap pelaksanaan program CSR menjadi terarah dan lebih terfokus terhadap program CSR yang dibutuhkan oleh masyarakat luas lebih terstruktur dan mengalami perbaikan menjadi lebih baik dari tahun ke tahun. Selain itu Hasil penelitian ini memperlihatkan bahwa motivasi perusahaan dalam melakukan praktek CSR dan berbagai pengungkapan adalah untuk melaksanakan prinsip good corporate governance secara utuh, memenuhi harapan stakeholder, mendapatkan legitimasi, dan memenangkan penghargaan tertentu. Praktik CSR didasarkan pada visi perusahaan, misi, budaya dan kode etik CSR

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Creators:
CreatorsNIM/NPMEmail
Hafiz, MuhammadNIM16630095UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorZanaria, Yulitanidn0214076802UNSPECIFIED
Thesis advisorNusantoro, Jawotonidn0219127001UNSPECIFIED
Thesis advisorSuyanto, Suyantonidn0230107502UNSPECIFIED
Additional Information: 075/AKUNTANSI/2020
Uncontrolled Keywords: tata kelola perusahaan yang baik (GCG), tanggungjawab sosial perusahaan (CSR), pengungkapan CSR , legitimasi, stakeholder, penghargaan.
Subjects: 600 Ilmu Terapan > Akuntansi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > S1 Akuntansi
Depositing User: M Derie Santana
Date Deposited: 15 Jan 2021 02:59
Last Modified: 15 Jan 2021 02:59
URI: http://eprints.ummetro.ac.id/id/eprint/487

Actions (login required)

View Item View Item