PENGEEMBANGAN MODUL BERBASIS DISCOVERY LEARNING UNTUK MELATIH LITERASI MATEMATOIKA PADA MATERI BENTUK ALJABAR KELAS VII SMP NEGERI 4 METRO

SARI, NAWAL SARTIKA (2020) PENGEEMBANGAN MODUL BERBASIS DISCOVERY LEARNING UNTUK MELATIH LITERASI MATEMATOIKA PADA MATERI BENTUK ALJABAR KELAS VII SMP NEGERI 4 METRO. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Metro.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (12MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (183kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (306kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (585kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (188kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (306kB) | Preview
Official URL: http://eprints.ummetro.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengembangkan modul berbasis discovery learning untuk melatih liteasi matematika pada materi bentuk aljabar kelas VII SMP Negeri 4 Metro dan (2) untuk mengetahui modul berbasis discovery learning untuk melatih literasi matematika pada materi bentuk aljabar yang valid dan praktis. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 4 Metro. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas VII SMP Negeri 4 Metro. Objek penelitian adalah modul berbasis discovery learning. Jenis data dalam penelitian ini berupa data kuantitatif dan kualitatif. Instrument pengumpulan data yang digunakan adalah lembar wawancara dan lembar angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif dan analisis deskriptif kualitatif. Berdasarkan uji validitas, modul berbasis discovery learning dinyatakan sangat valid dengan persentase kevalidan sebesar 83,61%. Berdasarkan hasil uji kepraktisan, modul berbasis discovery learning dinyatakan sangat praktis dengan persentase kepraktisan sebesar 82,70%. Dari hasil validasi yang dilakukan dengan 7 validator ahli dan hasil respon peserta didik pada kelompok kecil tersebut, dapat disimpulkan bahwa modul berbasis discovery learning pada materi bentuk aljabar dinyatakan valid dan praktis.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Creators:
CreatorsNIM/NPMEmail
SARI, NAWAL SARTIKANIM16310050UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorFarida, NurulNIDN0220098801UNSPECIFIED
Thesis advisorRahmawati, DwiNIDN0210048303UNSPECIFIED
Thesis advisorRizki, SwadityaNIDN0224018703UNSPECIFIED
Additional Information: 010/Pend.Matematika/2020
Uncontrolled Keywords: discovery learning, literasi matematika, modul, pengembangan
Subjects: 300 Ilmu Sosial > Pendidikan
500 Ilmu Murni > Matematika
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: M Derie Santana
Date Deposited: 11 Jan 2021 03:54
Last Modified: 11 Jan 2021 03:55
URI: http://eprints.ummetro.ac.id/id/eprint/448

Actions (login required)

View Item View Item