PENGEMBANGAN LEMBAR KEGIATAN PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS PROBLEM BASED INSTRUCTION (PBI) PADA MATERI SISTEM KOORDINASI SISWA SMA KELAS XI SEMESTER GENAP

Ratnasari, Desi (2020) PENGEMBANGAN LEMBAR KEGIATAN PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS PROBLEM BASED INSTRUCTION (PBI) PADA MATERI SISTEM KOORDINASI SISWA SMA KELAS XI SEMESTER GENAP. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Metro.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (81kB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (124kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (335kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (104kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (116kB) | Preview
Official URL: http://eprints.ummetro.ac.id

Abstract

Pengembangan ini memiliki tujuan untuk menghasilkan produk LKPD berbasis Problem Based Instruction yang layak untuk digunakan sebagai sumber belajar kelas XI SMA. Pengembangan LKPD menggunakan prosedur dan model 4-D yang disarankan oleh Thiagrajan, Semmel,dan Semmel terdiri atas 4 tahap pengembangan, yaitu: Define, Design, Develop dan Desseminate. Tahapan yang dilakukan dalam penelitian ini hanya sampai pada tahapan yang ketiga, yaitu Develop, hal ini karena adanya keterbatasan waktu dan biaya. Proses untuk menghasilkan LKPD ini diawali dengan tahap validasi LKPD oleh 2 ahli materi dan 2 ahli desain. LKPD ini juga diuji cobakan kesekolah untuk melihat respon pengguna, yaitu guru mata pelajaran biologi dan 10 siswa SMA N 1 Purbolinggo. Hasil dari analisis ini untuk mengetahui tingkat kelayakan pengembangan LKPD sebagai bahan ajar biologi berdasarkan penilaian hasil validasi desain LKPD yang memperoleh nilai presentase 89%, penilaian hasil validasi materi dalam LKPD diperoleh nilai persentase 97%, penilaian hasil validasi guru mata pelajaran biologi diperoleh nilai persentase 88%, dan uji respon peserta didik diperoleh nilai persentase 94%. Berdasarkan data hasil uji ahli, guru, dan peserta didik, maka diperoleh nilai rata-rata jumlah keseluruhan dengan persentase sebesar 92% atau dalam kriteria “Sangat Baik”, dan dapat disimpulkan bahwa LKPD biologi berbasis Problem Based Instruction yang dikembangkan telah memenuhi persyaratan kelayakan minimal 75% ,sehingga layak untuk digunakan sebagai salah satu reverensi bahan ajar biologi pada materi sistem koordinasi.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Creators:
CreatorsNIM/NPMEmail
Ratnasari, Desinim16320002UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorSantoso, Handokonidn0023126010UNSPECIFIED
Thesis advisorSulistiani, Widya Sartikanidn0205118503UNSPECIFIED
Thesis advisorMuhfahroyin, Muhfahroyinnidn0027086201UNSPECIFIED
Additional Information: 040/Pend. Biologi/2020
Uncontrolled Keywords: LKPD, Problem Based Instruction, Pengembangan
Subjects: 300 Ilmu Sosial > Pendidikan
500 Ilmu Murni > Biologi, Ilmu Hayati
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Feri Apriyanto
Date Deposited: 11 Jan 2021 03:10
Last Modified: 11 Jan 2021 03:10
URI: http://eprints.ummetro.ac.id/id/eprint/447

Actions (login required)

View Item View Item