PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) PADA MATERI PERTIDAKSAMAAN RASIONAL DAN IRRASIONAL

INDAH SARI, NUR (2020) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) PADA MATERI PERTIDAKSAMAAN RASIONAL DAN IRRASIONAL. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Metro.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (12MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (265kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (305kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (475kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (186kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (372kB) | Preview
Official URL: http://eprints.ummetro.ac.id

Abstract

Penelitian yang dilakukan berupa penelitian pengembangan dengan tujuan untuk mengembangakan sebuah media pembelajaran berbentuk multimedia interaktif berbasis realistic mathematics education (RME) pada materi Pertidaksamaan Rasional dan Irrasional. Model pengembangan yang digunakan adalah model ADDIE (Analyze, Design, Develop, dan Evaluate). Subjek penelitian adalah peserta didik SMA Negeri 2 Metro, khususnya kelas X IPA 5. Intrumen penelitian yang digunakan antara lain adalah angket observasi awal, angket pra survei, angket uji validitas materi, angket uji validitas media, angket respon peserta didik, dan angket wawancara peserta didik. Berdasarkan hasil pengembangan diperoleh hasil, yaitu produk telah memenuhi kriteria valid dan praktis. Kriteria valid dilihat dari segi materi dan media. Kriteria valid dari segi materi memperoleh persentase 72% dan 76,67%. Sedangkan dari segi media diperoleh persentase 89,17% dan 85%. Berdasarkan hasil uji validitas materi maupun media, produk hasil pengembangan sudah dinyatakan valid. Selanjutnya, hasil dari uji kepraktisan produk diperoleh nilai 81,20%. Hasil ini menunjukkan bahwa produk hasil pengembangan dapat digunakan dalam pembelajaran. kelebihan dari produk pengembangan yaitu dapat digunakan untuk belajar secara mandiri. Penelitian pengembangan yang dilakukan baru sampai pada tahap uji kepraktisan produk, dikarenakan adanya situasi yang tidak memungkinkan. Oleh karena itu, harapannya penelitian ini dapat dilanjutkan ketahap uji efektivitas produk.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Additional Information: 014/Pend.Matematika/2020
Uncontrolled Keywords: Pengembangan; Rasional dan Irrasional; Realistic Mathematics Education
Subjects: 300 Ilmu Sosial > Pendidikan
500 Ilmu Murni > Matematika
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: M Derie Santana
Date Deposited: 08 Jan 2021 03:32
Last Modified: 08 Jan 2021 03:33
URI: http://eprints.ummetro.ac.id/id/eprint/439

Actions (login required)

View Item View Item