MOTIVASI KEPALA SEKOLAH DALAM PENINGKATAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU BIMBINGAN DAN KONSELING (STUDI KASUS DI SMA NEGERI 4 METRO DAN SMA NEGERI 2 NATAR)

Dewi, Indah Apriana (2019) MOTIVASI KEPALA SEKOLAH DALAM PENINGKATAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU BIMBINGAN DAN KONSELING (STUDI KASUS DI SMA NEGERI 4 METRO DAN SMA NEGERI 2 NATAR). Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Metro.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (145kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (168kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (90kB) | Preview
Official URL: http://eprints.ummetro.ac.id

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui motivasi kepala sekolah dalam peningkatan kompetensi profesional guru bimbingan konseling di SMA Negeri 4 Metro dan SMA Negeri 2 Natar. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan desain penelitian deskriptif kualitatif. Dengan pendekatan kualitatif diharapkan mampu memperoleh data yang lengkap dan lebih mendalam. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data yaitu wawancara dan observasi. Berdasarkan hasil penelitian, mengenai motivasi kepala sekolah dalam peningkatan kompetensi profesional guru bimbingan dan konseling, dapat disimpulkan bahwa kepala sekolah memberikan motivasi kepada guru BK dengan pengaturan lingkungan fisik, dengan memberikan sarana dan prasarana yang memadai untuk guru BK, menciptakan suasana kerja yang kondusif, hal ini dilakukan karena salah satu faktor yang mempengaruhi motivasi kerja guru BK adalah kondisi kerja, sehingga kepala sekolah harus memperhatikan faktor tersebut agar kinerja guru BK semakin baik, kepala sekolah harus menanamkan kedisiplinan kepada para guru BK, dengan cara membantu para tenaga kependidikan dalam mengembangkan pola prilakunya, membantu para tenaga dalam meningkatkan standar perilakunya, dan melaksanakan semua aturan yang disepakati bersama, memberikan dorongan kepada guru BK untuk meningkatkan kompetensi profesionalnya dengan cara mengikuti kegiatan ke-BK-an seperti aktif dalam MGBK, PPG-BK, seminar dan workshop dan memberikan penghargaan bagi guru yang berprestasi. Penghargaan dapat berupa pujian atau benda lainnya.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Creators:
CreatorsNIM/NPMEmail
Dewi, Indah AprianaNIM13130009UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorJuhri, JuhriNIDN0007035301UNSPECIFIED
Thesis advisorMudaim, MudaimNIDN0210117902UNSPECIFIED
Thesis advisorAtieka, NurulNIDN0212045602UNSPECIFIED
Additional Information: 013/Bimbingan & Konseling/2020
Uncontrolled Keywords: Motivasi Kepala Sekolah dalam Peningkatan Profesional Guru BK
Subjects: 300 Ilmu Sosial > Pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan Konseling
Depositing User: M Derie Santana
Date Deposited: 08 Jan 2021 02:44
Last Modified: 08 Jan 2021 02:44
URI: http://eprints.ummetro.ac.id/id/eprint/432

Actions (login required)

View Item View Item