PENGARUH LAYANAN KONSELING KELOMPOK TERHADAP DISIPLIN BELAJAR PESERTA DIDIK SMK NEGERI 2 METRO TAHUN PELAJARAN 2019/2020

UTAMI, SRI (2019) PENGARUH LAYANAN KONSELING KELOMPOK TERHADAP DISIPLIN BELAJAR PESERTA DIDIK SMK NEGERI 2 METRO TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Metro.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (128kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (156kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (316kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (9kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (94kB) | Preview
Official URL: http://eprints.ummetro.ac.id

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah masalah disiplin belajar rendah bukan sekedar fenomena, tetapi sudah menjadi masalah aktual yang perlu mendapat perhatian sebagai solusi untuk mengatasinya, banyak ditemukan peserta didik yang mengalami disiplin belajar rendah. Peserta didik yang mengalami disiplin belajar rendah menunjukkan perilaku seperti terlambat dalam mengikuti kegiatan pembelajaran, tidak memperhatikan saat guru menjelaskan, acuh terhadap tata tertib sekolah, dan tidak mengerjakan tugas rumah di diberikan oleh guru. Disiplin belajar rendah juga dapat menyebabkan hasil belajar yang tidak optimal, mengganggu konsentrasi belajar, dan mengganggu setiap performance yang dilakukan di kelas. Oleh karena alasan tersebut, disiplin belajar rendah harus segera di atasi sedini mungkin. Tujuan penelitian ini untuk menguji pengaruh layanan konseling kelompok terhadap disiplin belajar peserta didik. Penelitian ini menggunakan rancangan eksperimen one group pretest-postest design. Subjek penelitian yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 7 peserta didik di SMK N 2 Metro. Pemilihan subjek menggunakan teknik purposive sampling yaitu didasarkan pada kriteria disiplin belajar randah yang diperoleh dari hasil skor skala disiplin belajar. Teknik analisis data yang digunakan menggunakan uji dependent sample t-test. Berdasarkan hasil uji statistik yang telah dilakukan, menunjukkan bahwa ada pengaruh layanan konseling kelompok terhadap disiplin belajar peserta didik. Temuan penelitian ini membuktikan keefektifan layanan konseling kelompok meningkatkan disiplin belajar pada peserta didik SMK Negeri 2 di kota Metro, Lampung.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Creators:
CreatorsNIM/NPMEmail
UTAMI, SRINIM13130036UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorJuhri, Juhrinidn0007035301UNSPECIFIED
Thesis advisorAtieka, Nurulnidn0212045602UNSPECIFIED
Thesis advisorWibowo, Agusnidn0222118203UNSPECIFIED
Additional Information: 009/Bimbingan & Konseling/2020
Uncontrolled Keywords: konseling kelompok, disiplin belajar
Subjects: 300 Ilmu Sosial > Pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan Konseling
Depositing User: M Derie Santana
Date Deposited: 06 Jan 2021 07:16
Last Modified: 06 Jan 2021 07:17
URI: http://eprints.ummetro.ac.id/id/eprint/421

Actions (login required)

View Item View Item