PENINGKATAN DAYA DUKUNG TANAH ORGANIK/GAMBUT MENGGUNAKAN MATOS DAN SEMEN TERHADAP NILAI CBR LABORATORIUM (KAJIAN EKSPERIMENTAL)

Latif, Abdul (2020) PENINGKATAN DAYA DUKUNG TANAH ORGANIK/GAMBUT MENGGUNAKAN MATOS DAN SEMEN TERHADAP NILAI CBR LABORATORIUM (KAJIAN EKSPERIMENTAL). Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Metro.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (60kB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (593kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (428kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR LITERATUR.pdf

Download (348kB) | Preview
Official URL: http://eprints.ummetro.ac.id

Abstract

Tanah berguna sebagai bahan bangunan dalam pekerjaan sipil, salah satunya pada pekerjan perkerasan, stabilitas konstruksi pekerjaan secara langsung akan di pengaruhi oleh kemampuan tanah yang memiliki klasifikasi baik yang mampu befungsi sebagai daya dukung. Penelitian ini dimaksud untuk menganalisis peningkatan daya dukung tanah organik/gambut yang distabilisasi menggunakan matos dan semen yang di lakukn di laboraturium Mekanika Tanah Jurusan Teknik Sipil Universitas Muhammadiyah Metro mengguakan standarisasi ASTM dan SNI serta Bina Marga dari hasil penelitian yang di lakukan, maka akan di peroleh data tentang perubahan sifat fisik dan mekanis tanah sebelum dan sesudah di lakukan stabilitas dengan matos dan semen pada parameter nilai CBR Laboraturium. Persentase matos dan semen yang di gunakan adalah menggunakan system trial and eror mengacu pada standarisasi nilai minimum CBR yang di syaratkan Bina Marga yaitu sebesar 6%. Dari hasil penelitian/pengujian terhadap sampel tanah, terjadi peningkatan daya dukung tanah yang diindikasikan dengan semakin menurunnya nilai kadar air optimum (Wc Opt.) pada sampel tanah padat yang diiringi dengan semakin besar nya nilai berat isi kering (Yd mak) pada sampel tanah . kaitan nya terhadapnili CBR tanah dasar, pada persentase penambahan matos dan semen sebesar 0,6 % ternyata telah mampu meningkatkan nilai CBR tanah dasar menjadi 6 % dan 5,77 % nilai ini telah memenuhi/mendekati batas minimum CBRtanah dasar/sub grade yang di tentukan oleh spesifikasi umum Bina Marga Tahun 2010 yaitu sebesar 6 %

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Creators:
CreatorsNIM/NPMEmail
Latif, Abdulnim13510001UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorAmran, Yusufnidn0209017901UNSPECIFIED
Thesis advisorKurniawan, Septiantonidn0212098206UNSPECIFIED
Thesis advisorSurandono, Agusnidn0018085701UNSPECIFIED
Additional Information: 030/Teknik/2020
Uncontrolled Keywords: Matos; Stabilisasi; Tanah Organik
Subjects: 600 Ilmu Terapan > Teknik Bangunan/Sipil
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: Dharma Eko Prasetyawan
Date Deposited: 06 Jan 2021 07:11
Last Modified: 06 Jan 2021 07:11
URI: http://eprints.ummetro.ac.id/id/eprint/420

Actions (login required)

View Item View Item