Nuari, Sapta (2020) HUBUNGAN DEBIT BANJIR SUNGAI DAN PERUBAHAN TUTUPAN LAHAN DENGAN MENGGUNAKAN SOFTWARE HEC- HMS (Studi Khasus di DAS Way Sekampung). Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Metro.
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (422kB) | Preview |
|
|
Text
COVER.pdf Download (4MB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (94kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (97kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (12kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR LITERATUR.pdf Download (81kB) | Preview |
Abstract
Tutupan Lahan daerah aliran sungai yang mengalami perubahan dan mengarah pada alih fungsi lahan dapat meningkatkan debit banjir serta mempengaruhi debit rerata harian sungai. Debit sungai yang mengalir merupakan respon daerah aliran sungai, dengan masukan hujan dan digambarkan melalui karakteristik hidrograf aliran sungai. Potensi banjir di suatu DAS dapat diperhitungkan melalui analisis hidrologi yang merupakan analisis penting untuk mengetahui besarnya debit rancangan. Salah satu cara memperhitungkan besarnya debit rencana pada suatu DAS adalah dengan menggunakan model hidrologi. Model HEC-HMS (Hydrologic Engineering Centre – Hydrologic Modeling System) merupakan salah satu model hidrologi yang dimanfaatkan untuk analisis debit banjir dilokasi control point dari sistem peringatan dini banjir yang akan dibangun. Oleh karena itu, perhitungan dan permodelan besarnya debit banjir rencana perlu dilakukan untuk mengatahui besarnya debit banjir rencana yang akan terjadi selama periode waktu tertentu di DAS Way Sekampung dengan menggunakan model HEC-HMS.
Item Type: | Thesis (Skripsi (S1)) |
---|---|
Additional Information: | 058/TEKNIK/2020 |
Uncontrolled Keywords: | Daerah Aliran Sungai (DAS); Debit Banjir; HEC-HMS; Tutupan Lahan |
Subjects: | 600 Ilmu Terapan > Teknik Bangunan/Sipil |
Divisions: | Fakultas Teknik > S1 Teknik Sipil |
Depositing User: | Lina Septriani S |
Date Deposited: | 05 Jan 2021 02:12 |
Last Modified: | 05 Jan 2021 02:12 |
URI: | http://eprints.ummetro.ac.id/id/eprint/373 |
Actions (login required)
View Item |