PENGARUH PEMANFAATAN INSTAGRAM MELALUI PENDEKATAN PHYSICS-EDUTAINMENT TERHADAP MINAT BELAJAR FISIKA

Wulandari, Nindi Ika (2020) PENGARUH PEMANFAATAN INSTAGRAM MELALUI PENDEKATAN PHYSICS-EDUTAINMENT TERHADAP MINAT BELAJAR FISIKA. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Metro.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (97kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (167kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (345kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (95kB) | Preview
Official URL: https://eprints.ummetro.ac.id/

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah bahwa banyak siswa yang hampir setiap saat menggunakan gadget untuk mengakses media sosial dan hampir tidak pernah belajar di rumah, justru lebih sering menggunakan waktu mereka dii luar jam sekolah untuk mengakses media sosial. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Pengaruh Pemanfaatan Instagram Melalui Pendekatan PhysicsEdutainment Terhadap Minat Belajar Fisika (2) Untuk mengetahui bagaimana instagram dapat dimanfaatkan sebagai sarana untuk belajar siswa dalam pelajaran fisika. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian eksperimen. Penelitian yang dilakukan menggunakan media pembelajaran instagram melalui pendekatan physics-edutainment di Kelas XI IPA untuk menjelaskan meteri dinamika rotasi dan kesetimbangan benda tegar. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dengan menggunakan uji-t yang diperoleh yaitu nilai signifikan 0,000 < 0,05, Kesimpulan dari hasil penelitian ini bahwa ada pengaruh Pemanfaat Instagram melalui pendekatan Physics-edutainment terhadap minat belajar fisika siswa kelas XI SMA Negeri 4 Metro tahun pelajaran 2019/2020. Kekurangan penggunaan instagram dalam pembelajaran diantaranya adalah pembelajaran tidak fokus karena konten di instagram begitu banyak.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Creators:
CreatorsNIM/NPMEmail
Wulandari, Nindi Ikanim16330012UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorPartono, Partononidn0013046603UNSPECIFIED
Thesis advisorRiswanto, Riswantonidn0215088901UNSPECIFIED
Thesis advisorSuseno, Nyotonidn0011056715UNSPECIFIED
Additional Information: 006/Pend. Fisika/2020
Uncontrolled Keywords: Instagram; physics-edutainment; interest in learning physics
Subjects: 300 Ilmu Sosial > Pendidikan
500 Ilmu Murni > Fisika
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika
Depositing User: Dharma Eko Prasetyawan
Date Deposited: 17 Dec 2020 02:32
Last Modified: 17 Dec 2020 02:32
URI: http://eprints.ummetro.ac.id/id/eprint/361

Actions (login required)

View Item View Item