PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS DISCOVERY LEARNING DISERTAI NILAI-NILAI ISLAM PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINIER TIGA VARIABEL UNTUK SMA KELAS X

Anisa, Ulva Nur (2020) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS DISCOVERY LEARNING DISERTAI NILAI-NILAI ISLAM PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINIER TIGA VARIABEL UNTUK SMA KELAS X. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Metro.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (188kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (63kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (82kB) | Preview
Official URL: http://eprints.ummetro.ac.id

Abstract

Tujuan pengembangan ini yaitu menghasilkan media pembelajaran berupa multimedia interaktif berbasis discovery learning disertai nilai-nilai islam pada materi sistem persamaan linier tiga variabel yang dinyatakan valid oleh ahli dan praktis oleh peserta didik. Model yang digunakan dalam penelitian dan pengembangan ini adalah model ADDIE. Model ADDIE terdapat beberapa tahapan yang terdiri dari 5 tahapan yaitu Analyze, Design, Develop, Implement, Evaluate. Instrument pengumpulan data pada pengembangan ini berupa angket. Jenis angket ada dua yaitu angket validasi ahli untuk penilaian kevalidan dan angket praktis peserta didik untuk penilaian kepraktisan. Angket validasi terbagi dalam tiga aspek yaitu materi, media, dan nilai-nilai islam. Hasil pengembangan produk multimedia interaktif berbasis discovery learning disertai nilai-nilai islam diperoleh analisis ahli materi 75%, analisis media 88,33% dan analisis nilai-nilai islam 81,7% yang dimana ketiganya jika dirata-rata maka masuk kedalam kategori sangat valid dengan persentase 81,68%. Uji coba kelompok kecil dilakukan terhadap 5 orang peserta didik. hasil uji coba kelompok kecil didapatkan hasil rata-rata persentase 93,75% yang dimana masuk kedalam kategori sangat praktis. Berdasarkan kriterian yang telah ditetapkan maka multimedia interaktif berbasis discovery learning disertai nilai-nilai islam pada materi sistem persamaan linier tiga variabel yang dikembangkan memenuhi keriteria valid dan praktis.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Creators:
CreatorsNIM/NPMEmail
Anisa, Ulva Nurnpm16310023UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorRizki, Swadityanidn0224018703UNSPECIFIED
Thesis advisorRahmawati, Yeninidn0229098803UNSPECIFIED
Thesis advisorAndayani, Sutrisninidn0013056803UNSPECIFIED
Additional Information: 007/Pend.Matematika/2020
Uncontrolled Keywords: Multimedia interaktif, Sistem Persamaan Linier Tiga Variabel, pengembangan, discovery learning, nilai-nilai islam.
Subjects: 500 Ilmu Murni > Matematika
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Asih Kurniasih
Date Deposited: 16 Dec 2020 07:47
Last Modified: 16 Dec 2020 07:47
URI: http://eprints.ummetro.ac.id/id/eprint/359

Actions (login required)

View Item View Item