PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBANTU APLIKASI CAMTASIA STUDIO 8 MATERI KETENAGAKERJAAN UNTUK PESERTA DIDIK KELAS XI SMA NEGERI 1 PASIR SAKTI LAMPUNG TIMUR

Dariyanti, Dariyanti (2020) PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBANTU APLIKASI CAMTASIA STUDIO 8 MATERI KETENAGAKERJAAN UNTUK PESERTA DIDIK KELAS XI SMA NEGERI 1 PASIR SAKTI LAMPUNG TIMUR. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Metro.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (7kB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (203kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (266kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (99kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR LITERATUR.pdf

Download (97kB) | Preview
Official URL: https://eprints.ummetro.ac.id

Abstract

video pembelajaran interaktif merupakan suatu sistem penyampaian pengajaran yang menyajikan materi video rekaman kepada peserta didik, dengan menyajikan pembelajaran yang menarik berupa teks, video, dan audio. Hasil pra survei pada guru dan peserta didik kelas XI IPS SMA Negeri 1 Pasir Sakti Lampung Timur menunjukan bahwa media ataupun bahan ajar yang digunakan hanya menggunakan buku paket, peneliti mengembangkan video pembelajaran interaktif berbantu aplikasi camtasia studio 8 yang valid dan praktis digunakan oleh peserta didik. Tujuan dari pengembangan ini adalah untuk menghasilkan video pembelajaran interaktif berbantu aplikasi camtasia studio 8 dapat membantu pemahaman peserta didik dalam belajar secara mandiri dan lebih aktif serta mampu mengeluarkan pendapatnya selama proses pembelajaran. Pengembangan media video pembelajaran interaktif berbantu aplikasi camtasia studio 8 ini menggunakan model pengembangan ADDIE, yang terdiri dari lima fase yaitu, Analysis (analisis), Design (perancangan), Development (pengembangan), Implementation (implementasi), dan Evaluation (evaluasi). Berdasarkan pada hasil pengembangan media video pembelajaran interaktif berbantu aplikasi camtasia studio 8 diketahui hasil analisis penilaian ahli media adalah 81% masuk dalam kriteria sangat valid untuk digunakan, pada analisis penilaian ahli materi adalah memperoleh presentase sebesar 84% masuk kedalam kriteria sangat valid. Dan pada analisis penilaian ahli soal hots memperoleh presentase sebesar 82% masuk dalam kriteris sangat valid. Pada uji coba kelompok kecil hasil analisis angket kepraktisan produk oleh peserta didik adalah 85% masuk dalam kriteria sangat praktis untuk digunakan dalam pembelajaran. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa media video pembelajaran interaktif berbantu aplikasi camtasia studio 8 valid dan praktis digunakan dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Creators:
CreatorsNIM/NPMEmail
Dariyanti, Dariyantinim16210010UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorWakijo, Wakijonidn0212056002UNSPECIFIED
Thesis advisorRatnawuri, Trianinidn0210078601UNSPECIFIED
Thesis advisorPriandhari, Meytanidn0225059001UNSPECIFIED
Additional Information: 011/Pend. Ekonomi/2020
Uncontrolled Keywords: Aplikasi Camtasia Studio 8, Interaktif, Video Pembelajaran
Subjects: 300 Ilmu Sosial > Pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Dharma Eko Prasetyawan
Date Deposited: 16 Dec 2020 06:54
Last Modified: 16 Dec 2020 06:54
URI: http://eprints.ummetro.ac.id/id/eprint/357

Actions (login required)

View Item View Item