PENGEMBANGAN MODUL MATEMATIKA BERBASIS PEMECAHAN MASALAH (PROBLEM SOLVING)PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR DI SMP N 4 METRO KELAS VIII

NADIYA UTAMI, RESTI (2020) PENGEMBANGAN MODUL MATEMATIKA BERBASIS PEMECAHAN MASALAH (PROBLEM SOLVING)PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR DI SMP N 4 METRO KELAS VIII. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Metro.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (9MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (184kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (403kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (428kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (184kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (288kB) | Preview
Official URL: http://eprints.ummetro.ac.id

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengembangkan modul matematika berbasis pemecahan masalah untuk menghasilkan bahan ajar yang dapat dilihat dari segi kevalidan serta kepraktisan pada materi Bangun Ruang Sisi Datar berbasis pemecahan masalah di SMP N 4 Metro pada kelas VIII. Metode pengembangan yang digunakan padalah model pengembangan ADDIE yang memiliki lima tahapan yaitu Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluations. Dari hasil validasi diperoleh presentase hasil dari validator ahli materi sebesar 81% dan termasuk pada kategori sangat layak, dari hasil validator ahli bahasa diperoleh presentase hasil sebesar 78,75% dengan kategori layak, serta presentase hasil sebesar 80% dengan kategori layak di peroleh dari validator ahli desain. Pada uji coba kelompok kecil dengan jumlah responden sebanyak 10 orang peserta didik kelas VIII.C diperoleh presentase hasil sebesar 89,3% sehingga masuk dalam kategori sangat praktis. Berdasarkan hasil yang didapatkan modul matematika berbasis pemecahan masalah (problem solving) yang dikembangkan merupakan bahan ajar yang layak dan praktis untuk digunakan,, selain itu modul matematika berbasis pemecahan masalah (problem solving) pada materi bangun ruang sisi datar berisikan indikator pemecahan masalah serta memuat latihan soal yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari sehingga mudah untuk dipahami.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Additional Information: 019/Pend.Matematika/2020
Uncontrolled Keywords: bangun ruang sisi datar; modul; pemecahan masalah; pengembangan
Subjects: 300 Ilmu Sosial > Pendidikan
500 Ilmu Murni > Matematika
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: M Derie Santana
Date Deposited: 16 Dec 2020 07:02
Last Modified: 18 Dec 2020 03:01
URI: http://eprints.ummetro.ac.id/id/eprint/356

Actions (login required)

View Item View Item