PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS VISUALISASI KOLONISASI METRO SEBAGAI PENDUKUNG PROSES PEMBELAJARAN DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN PESERTA DIDIK TERHADAP SEJARAH LOKAL DIKELAS XISMA KARTIKATAMA METRO

Widiastuti, Anggi (2020) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS VISUALISASI KOLONISASI METRO SEBAGAI PENDUKUNG PROSES PEMBELAJARAN DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN PESERTA DIDIK TERHADAP SEJARAH LOKAL DIKELAS XISMA KARTIKATAMA METRO. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Metro.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (7MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (80kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (481kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (60kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR LITERATUR.pdf

Download (70kB) | Preview
Official URL: https://eprints.ummetro.ac.id/

Abstract

Dengan adanya pembelajaranyang lebih efektif dan efesien dan sesuai kebutuhan peserta didik, maka akan membuat peserta didik merasa senang dalam proses pembelajaran terutama pelajaran sejarah. Berdasarkan keterbatasan media pembelajaran sejarah di SMA Kartikatama Metro menjadi salah satu hambatan yang membuat siswa kurang minat dalam belajar sehingga menurunkan pemahaman siswa dalam pembelajaran sejarah. Tujuan penelitian ini dilakukan untuk menghasilkan media pembelajaran sejarah lokal berbasis visualisasi kolonisasi Metro. Mediapembelajaran dikembangkan sesuai dengan sistematika dan standar kriteria kelayakan visualisasi. Metode penelitian yang dilakukan adalah penelitian pengembangan (Research and Development) Sugiono level 1, dimana penelitian pengembangan ini membuat produk tanpa menguji ke lapangan secara eksternal. Hasil dari penelitian pengembangan ini berupa media pembelajaran berbasis visualisasi kolonisasi Metro sebagai pendukung proses pembelajaran sejarah lokal di SMA Kartikatama Metro telah dinyatakan layak dan dapat diuji coba untuk peserta didik kelas XI SMA Kartikatama Metro. Produk hasil pengembangan dinyatakan layak setelah melalui tahap validasi ahli materi dan desain dimana presentase ahir dari ahli materi mendapat 93,3% dan presentase ahir dari ahli desain mendapat 88,6% atau pada kategori “Sangat Kuat” yang artinya media pembelajaran yang telah dikembangkan telah layak untuk diuji cobakan kepada peserta didik kelas XI SMA Kartikatama Metro.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Creators:
CreatorsNIM/NPMEmail
Widiastuti, Angginim16220024UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorHidayat, BobiUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Thesis advisorHartati, Uminidn0226129001UNSPECIFIED
Thesis advisorSumiyatun, Sumiyatunnidn0010105801UNSPECIFIED
Additional Information: 015/Pend.Sejarah/2020
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, Pemahaman, Sejarah Lokal, SMA
Subjects: 900 Sejarah dan Geografi > Ilmu Sejarah
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Dharma Eko Prasetyawan
Date Deposited: 16 Dec 2020 06:38
Last Modified: 16 Dec 2020 06:38
URI: http://eprints.ummetro.ac.id/id/eprint/354

Actions (login required)

View Item View Item