PENGARUH JENIS PAKAN CACING TERHADAP KADAR UNSUR HARA (FOSFOR) KASCING SEBAGAI SUMBER BELAJAR BIOLOGI SMA KELAS XII

Rahayu, Juni (2020) PENGARUH JENIS PAKAN CACING TERHADAP KADAR UNSUR HARA (FOSFOR) KASCING SEBAGAI SUMBER BELAJAR BIOLOGI SMA KELAS XII. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Metro.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (9kB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (391kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (591kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (154kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (254kB) | Preview
Official URL: http://eprints.ummetro.ac.id

Abstract

Meningkatkan kualitas kascing maka dengan menggunakan pakan daun gamal dalam pembuatan kascing dengan tujuan mudah dicari dan didapat, karena kandungan daun gamal sendiri memiliki kadar unsur hara yang tinggi untuk membantu proses pertumbuhan bagi tanaman. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh jenis pakan cacing terhadap kadar unsur hara Fosfor (P) kascing sebagai sumber belajar biologi SMA kelas XII materi tentang Bioteknologi berupa LKS. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen, menggunakan Rancangan Acak kelompok (RAK) dengan kontrolnya 1 dan dalam 3 perlakuan dengan 5 ulangan, yaitu dengan P0: Kontrol, P1: perlakuan pemberian pakan daun gamal 2%, P2: perlakuan pemberian pakan daun gamal 3%, P3: perlakuan pemberian pakan daun gamal 5%. Berdasarkan hasil yang telah diteliti tentang pengaruh variasi pakan cacing terhadap kadar unsur hara fosfor (P) sebagai sumber Biologi SMA kelas XII. Dapat disimpulkan bahwa: Pakan berupa daun gamal dapat meningkatkan kadar unsur hara kacing. Variasi pakan daun gamal dari beberapa perlakuan diantaranya K (0 g) 8, PI (2 g) 14, P2 (3 g) 11, P3 (5 g) 15, dari 4 perlakuan yang yang dapat meningkatkan kadar unsur hara kascing yaitu pada perlakuan 1 P1 (2 g). Hasil dari penelitian dijadikan sebagai sumber belajar biologi SMA berupa Lembar Kerja Siswa (LKS) yang digunakan oleh peneliti layak digunakan sebagai sumber belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Additional Information: 006/Pend. Biologi/2020
Uncontrolled Keywords: pembelajaran bioteknologi, unsur hara (fosfor) kascing, hasil belajar
Subjects: 500 Ilmu Murni > Biologi, Ilmu Hayati
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Dharma Prasetyawan
Date Deposited: 16 Dec 2020 03:06
Last Modified: 16 Dec 2020 03:06
URI: http://eprints.ummetro.ac.id/id/eprint/352

Actions (login required)

View Item View Item