POLA ASUH ORANG TUA PESERTA DIDIK SMK KARTIKATAMA METRO TAHUN PELAJARAN 2022/2023

WIHANDOKO, ANGGI (2023) POLA ASUH ORANG TUA PESERTA DIDIK SMK KARTIKATAMA METRO TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Metro.

[img]
Preview
Text
1. COVERok_11zon.pdf

Download (858kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (7kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. BAB I.pdf

Download (104kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. BAB III.pdf

Download (104kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB V.pdf

Download (7kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. DAFTAR LITERATUR.pdf

Download (116kB) | Preview

Abstract

Peran dan perilaku orang tua dalam menjalin interaksi pada peserta didik sangatlah penting untuk membentuk kepribadian dan kebiasaan anak. Cara pola asuh dan kebiasaan yang selalu dilakukan akan tercermin pada kepribadian anak itu sendiri. Keluarga atau orang tua memberikan pengalaman kepada anak dalam bidang kehidupan, sehingga anak memiliki informasi banyak informasi yang merupakan alat bagi anak untuk berfikir. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pola asuh orang tua peserta didik di SMK Kartikatama Metro. Metode penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Kehadiran peneliti sebagai pengumpul data penelitian sekaligus menganalisis data. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan lembar angket. Analisis data menggunakan analisis data deskriptif induktif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pola asuh yang diterapkan oleh orang tua dari peserta didik di SMK Kartikatama Metro terdiri dari pola asuh otoriter yang diterapkan oleh 1 orang tua peserta didik, pola asuh permisif yang diterapkan oleh 7 orang tua peserta didik, dan pola asuh demokratis yang diterapkan oleh 4 orang tua peserta didik. Jadi dapat diketahui bahwa pola asuh orang tua peserta didik sebagian besar adalah permisif, kemudian juga terdapat sebagian pola asuh demokratis, dan jarang yang menerapkan pola asuh otoriter. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pola asuh yang ideal adalah pola asuh demokratis karena orang tua dan anak melakukan dan merencanakan seluruh kegiatan terutama pada anak secara bersama-sama sehingga dalam hal ini ada kontrol dan pengawasan orang tua dan juga ada tanggung jawab anak terhadap tugasnya. Saran yang diajukan dalam penelitian adalah agar orang tua dapat menggunakan pola asuh pada anak terutama remaja sehingga dapat membentuk kepribadian anak yang menghormati orang tua serta memiliki rasa tanggung jawab.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Uncontrolled Keywords: Pola asuh, demokratis, permisif, otoriter
Subjects: 300 Ilmu Sosial > Bimbingan dan Konseling
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Bimbingan Konseling
Depositing User: intan arum sari
Date Deposited: 20 Feb 2025 07:35
Last Modified: 20 Feb 2025 07:35
URI: http://eprints.ummetro.ac.id/id/eprint/3484

Actions (login required)

View Item View Item