ANGGRAENI, WIDYA AMY (2024) ANALISIS PERAN KEPALA SEKOLAH SEBAGAI LEADER DAN EDUCATOR DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DI SD NEGERI MAHABANG KECAMATAN DENTE TELADAS. Tesis (S2) thesis, Universitas Muhammadiyah Metro.
|
Text
COVER.pdf Download (239kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak 2024.pdf Download (5kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (43kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (130kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (37kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR LITERATUR.pdf Download (52kB) | Preview |
Abstract
Kurikulum merdeka belajar dikembangkan guna mencetak generasi milineal untuk memahami materi yang diajarkan dengan cepat, serta bukan hanya pandai mengingat materi yang sudah dipelajari. Berdasarkan rumusan masalah tersebut maka yang menjadi tujuan penelitian adalah untuk menganalisis peran kepala sekolah sebagai leader dalam implementasi kurikulum merdeka di SD Negeri Mahabang Kecamatan Dente Teladas. Untuk menganalisis peran kepala sekolah sebagai educator dalam implementasi kurikulum merdeka di SD Negeri Mahabang Kecamatan Dente Teladas. Untuk mendeskripsikan hambatan yang dihadapi dan solusi yang diberikan dalam implementasi kurikulum merdeka di SD Negeri Mahabang Kecamatan Dente Teladas. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Jenis penelitian ini adalah penelitian studi kasus (case studies) yaitu contoh kejadian sesuatu, kondisi aktual dari keadaan atau situasi, dan lingkungan atau kondisi tertentu tentang orang atau sesuatu. Sampel/objek yang menjadi sumber data primer adalah pengawas sekolah, Ketua TIM Pengembang kurikulum, dan guru. Sedangkan sumber data sekunder adalah berupa dokumen-dokumen yang berkaitan dengan IKM. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, bahwa Peran kepala sekolah sebagai leader dalam implementasi kurikulum merdeka di SD Negeri Mahabang Kecamatan Dente Teladas yaitu menggerakkan, mengarahkan, membimbing, dan membina para guru dalam implementasi kurikulum merdeka belajar. Peran kepala sekolah sebagai educator dalam implementasi kurikulum merdeka di SD Negeri Mahabang Kecamatan Dente Teladas yaitu berkaitan dengan indikator mental, moral, fisik, dan artistik. Hambatan yang dihadapi dan solusi yang diberikan dalam implementasi kurikulum merdeka di SD Negeri Mahabang Kecamatan Dente Teladas yaitu kurangnya pengetahuan kepala sekolah dan guru terkait implementasi kurikulum merdeka berkaitan dengan struktur kurikulum merdeka, karakteristik kurikulum merdeka, dan dimensi-dimensi kurikulum merdeka. Solusi yang diberikan yaitu kepala sekolah dan guru harus memahami struktur kurikulum merdeka dengan cara pelatihan, mengikuti seminar, dan diklat.
Item Type: | Thesis (Tesis (S2)) |
---|---|
Additional Information: | 18/S2 Adminitrasi Pendidikan/2024 |
Uncontrolled Keywords: | implementasi kurikulum merdeka, educator, leader |
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > Administrasi Pendidikan |
Divisions: | Pascasarjana > S2 Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | isna isna isna |
Date Deposited: | 20 Feb 2025 06:40 |
Last Modified: | 20 Feb 2025 06:40 |
URI: | http://eprints.ummetro.ac.id/id/eprint/3471 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |