PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN AIR(AUDITORY, INTELLECTUALY, REPETITION)BERBANTUQUESTION CARD TERHADAP HASIL BELAJAR IPS TERPADU PESERTA DIDIK KELAS VII SMP MUHAMMADIYAH AHMAD DAHLAN TAHUN AJARAN 2020/2021

Hasanah, Rahmadani (2020) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN AIR(AUDITORY, INTELLECTUALY, REPETITION)BERBANTUQUESTION CARD TERHADAP HASIL BELAJAR IPS TERPADU PESERTA DIDIK KELAS VII SMP MUHAMMADIYAH AHMAD DAHLAN TAHUN AJARAN 2020/2021. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Metro.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (5MB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (6MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (119kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (307kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (76kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR LITERATUR.pdf

Download (70kB) | Preview
Official URL: http://eprints.ummetro.ac.id

Abstract

Permasalahan yang adapada saat proses pembelajaran berlangsung adalah masih ditemukan peserta didik yang kurang berperan aktif, lambatnya dalam menerima materi yang disampaikan oleh guru. Peran peserta didik dalam proses pembelajaran masih kurang yaitu hanya sedikit yang menunjukkan keaktifan berpendapat dan bertanya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran AIR(Auditory, Intellectualy, Repetition)berbantuquestion cardterhadap hasil belajar peserta didik kelas VII SMP Muhammadiyah Ahmad Dahlan Metro tahun 2020/2021. AIR adalah salah satu jenis model pembelajaran yang menekankan kemampuan peserta didik untuk berani dalam berbicara, mengungkapkan pendapat, dan pengulangan materi yang mana dalam konteks pembelajaran merujuk pada pendalaman serta memperluas pemahaman peserta didik agar pelajaran yang diulang akan memberi tanggapan yang jelas dan tidak mudah dilupakan. Maka dengan adanyaquestion cardakan membentuk peserta didik yang turut aktif selama proses pembelajaran berlangsung dan meningkatkan daya ingat peserta didik. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif jenis kuasi eksperimen, dengan desain yaituNon-equivalent Control Grup Design. Penentuan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik Purposive Samplingsampel terpilih adalah kelas VII Al kuddus dengan jumlah peserta didik 30 sebagai kelas eksperimen dan kelas VII Al Halim dengan jumlah peserta didik 31 sebagai kelas kontrol. Metode pengumpulan data dengan wawancara, observasi, tes dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian, melalui perhitungan rumus uji-t penggunaan taraf uji kesamaan dua rata-rata dengan taraf signifikan 5%. Untuk menguji hipotesis menggunakan rumus Registrasi Linier Sederhana yaitu Y = 56,7123 + 0,3214. Dengan T hitung = 1,64. T = 1,701 taraf signifikan 5% jadi 1,64 > 1,701 maka hipotesis diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan “penggunaan model pembelajaran AIR(Auditory, Intellectualy, Repetition) berbantu question card terhadap hasil belajar IPS Terpadu peserta didik kelas VII SMP Muhammadiyah Ahmad Dahlan Tahun Ajaran 2020/2021”. tab

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Creators:
CreatorsNIM/NPMEmail
Hasanah, Rahmadaninim16210026UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorNingrum, Ningrumnidn0025035801UNSPECIFIED
Thesis advisorPritandhari, Meytanidn0225059001UNSPECIFIED
Thesis advisorRatnawuri, Trianinidn0210078601UNSPECIFIED
Additional Information: 034/Pend.Ekonomi/2020
Uncontrolled Keywords: AIR,Question Card, Hasil Belajar
Subjects: 300 Ilmu Sosial > Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Lina Septriani
Date Deposited: 16 Dec 2020 03:40
Last Modified: 16 Dec 2020 03:40
URI: http://eprints.ummetro.ac.id/id/eprint/345

Actions (login required)

View Item View Item