Hasanah, Rahmadani (2020) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN AIR(AUDITORY, INTELLECTUALY, REPETITION)BERBANTUQUESTION CARD TERHADAP HASIL BELAJAR IPS TERPADU PESERTA DIDIK KELAS VII SMP MUHAMMADIYAH AHMAD DAHLAN TAHUN AJARAN 2020/2021. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Metro.
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (5MB) | Preview |
|
|
Text
COVER.pdf Download (6MB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (119kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (307kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (76kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR LITERATUR.pdf Download (70kB) | Preview |
Abstract
Permasalahan yang adapada saat proses pembelajaran berlangsung adalah masih ditemukan peserta didik yang kurang berperan aktif, lambatnya dalam menerima materi yang disampaikan oleh guru. Peran peserta didik dalam proses pembelajaran masih kurang yaitu hanya sedikit yang menunjukkan keaktifan berpendapat dan bertanya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran AIR(Auditory, Intellectualy, Repetition)berbantuquestion cardterhadap hasil belajar peserta didik kelas VII SMP Muhammadiyah Ahmad Dahlan Metro tahun 2020/2021. AIR adalah salah satu jenis model pembelajaran yang menekankan kemampuan peserta didik untuk berani dalam berbicara, mengungkapkan pendapat, dan pengulangan materi yang mana dalam konteks pembelajaran merujuk pada pendalaman serta memperluas pemahaman peserta didik agar pelajaran yang diulang akan memberi tanggapan yang jelas dan tidak mudah dilupakan. Maka dengan adanyaquestion cardakan membentuk peserta didik yang turut aktif selama proses pembelajaran berlangsung dan meningkatkan daya ingat peserta didik. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif jenis kuasi eksperimen, dengan desain yaituNon-equivalent Control Grup Design. Penentuan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik Purposive Samplingsampel terpilih adalah kelas VII Al kuddus dengan jumlah peserta didik 30 sebagai kelas eksperimen dan kelas VII Al Halim dengan jumlah peserta didik 31 sebagai kelas kontrol. Metode pengumpulan data dengan wawancara, observasi, tes dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian, melalui perhitungan rumus uji-t penggunaan taraf uji kesamaan dua rata-rata dengan taraf signifikan 5%. Untuk menguji hipotesis menggunakan rumus Registrasi Linier Sederhana yaitu Y = 56,7123 + 0,3214. Dengan T hitung = 1,64. T = 1,701 taraf signifikan 5% jadi 1,64 > 1,701 maka hipotesis diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan “penggunaan model pembelajaran AIR(Auditory, Intellectualy, Repetition) berbantu question card terhadap hasil belajar IPS Terpadu peserta didik kelas VII SMP Muhammadiyah Ahmad Dahlan Tahun Ajaran 2020/2021”. tab
Item Type: | Thesis (Skripsi (S1)) |
---|---|
Additional Information: | 034/Pend.Ekonomi/2020 |
Uncontrolled Keywords: | AIR,Question Card, Hasil Belajar |
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > Ilmu Ekonomi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Lina Septriani S |
Date Deposited: | 16 Dec 2020 03:40 |
Last Modified: | 16 Dec 2020 03:40 |
URI: | http://eprints.ummetro.ac.id/id/eprint/345 |
Actions (login required)
View Item |