PENGARUH PENGEMBANGAN DIRI DAN MOTIVASI TERHADAP KINERJA KEPALA SEKOLAH TAMAN KANAK-KANAK DI KABUPATEN LAMPUNG TENGAH

KHOLIFAH, SITI (2024) PENGARUH PENGEMBANGAN DIRI DAN MOTIVASI TERHADAP KINERJA KEPALA SEKOLAH TAMAN KANAK-KANAK DI KABUPATEN LAMPUNG TENGAH. Tesis (S2) thesis, Universitas Muhammadiyah Metro.

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (265kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak 2024.pdf

Download (27kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (77kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (123kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (45kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR LITERATUR.pdf

Download (55kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi apakah terdapat hubungan antara pengembangan diri dan motivasi terhadap kinerja kepala sekolah. Selain itu, penelitian juga bertujuan untuk mengeksplorasi apakah pengaruh pengembangan diri dan motivasi secara bersama-sama mempengaruhi kinerja kepala sekolah di Taman Kanak-kanak. Metode sampling yang digunakan adalah teknik probability sampling dengan jenis cluster sampling, di mana populasi yang diteliti meliputi 535 kepala sekolah dari 28 kecamatan di Kabupaten Lampung Tengah. Dalam rangka mengatasi keterbatasan waktu, biaya, tenaga, dan administrasi, penelitian ini mengambil sampel dari 2 kecamatan dengan total 33 orang kepala sekolah. Analisis data dilakukan menggunakan metode regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil estimasi variabel pengembangan diri memiliki koefisien regresi sebesar 2,186 yang memiliki arah yang positif dan signifikan dengan kinerja kepala sekolah maka hipotesis H1 diterima. Hasil estimasi variabel motivasi memiliki koefisien regresi sebesar (5,861) yang memiliki arah yang positif dan signifikan dengan kinerja kepala sekolah maka hipotesis H2 diterima. Nilai F hitung sebesar 20,338 dan F sebesar 3,28 maka pengembangan diri dan motivasi secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap kinerja kepala sekolah. Sehingga dapat disimpulkan bahwa peningkatan pengembangan diri dapat meningkatkan kinerja kepala sekolah, sedangkan penurunan pengembangan diri dapat menurunkan kinerja mereka. Begitu pula dengan motivasi, peningkatan motivasi dapat meningkatkan kinerja kepala sekolah, sementara motivasi rendah dapat mengakibatkan penurunan kinerja. Lebih lanjut bahwa pengembangan diri dan motivasi dalam meningkatkan kinerja kepala sekolah di institusi pendidikan Taman Kanak-kanak. tabel

Item Type: Thesis (Tesis (S2))
Additional Information: 26/S2 Administrasi Pendidikan/2024
Uncontrolled Keywords: kinerja kepala sekolah, motivasi kerja, pengembangan diri.
Subjects: 300 Ilmu Sosial > Administrasi Pendidikan
Divisions: Pascasarjana > S2 Administrasi Pendidikan
Depositing User: isna isna isna
Date Deposited: 19 Feb 2025 07:16
Last Modified: 19 Feb 2025 07:16
URI: http://eprints.ummetro.ac.id/id/eprint/3446

Actions (login required)

View Item View Item