MANAJEMEN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DI TAMAN KANAK-KANAK NEGERI PEMBINA GUNUNG SUGIH

VALENTINA, LADY (2024) MANAJEMEN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DI TAMAN KANAK-KANAK NEGERI PEMBINA GUNUNG SUGIH. Tesis (S2) thesis, Universitas Muhammadiyah Metro.

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (300kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak 2024.pdf

Download (6kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.docx.pdf

Download (60kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (143kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (74kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR LITERATUR.pdf

Download (44kB) | Preview

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan manajemen kepala sekolah, peningkatan efektivitas pembelajaran, hambatan dan solusi peran manajemen kepala sekolah dan guru dalam meningkatkan efektivitas pembelajaran di Taman Kanak-kanak Negeri Pembina Gunung Sugih. Penilitian ini merupakan penelitian dengan pendekatan kualitatif . Sumber data penelitian ini adalah manusia dan non manusia. Data dari manusia diperoleh dari orang yang mengetahui tentang permasalahan sesuai dengan fokus penelitian, seperti kepala sekolah, dan guru. Informan kunci (key informant) secara spesifik dalam penelitian ini adalah Kepala Taman Kanak-kanak Negeri Pembina Gunung Sugih pihak yang bertanggung jawab terhadap manajemen kompetensi sosial untuk meningkatkan efektifitas pembelajaran. Guru sebanyak 2 orang yang direkomendasikan oleh kepala sekolah berdasarkan pangkat/golongan yang tertinggi di sekolah dan masa kerja terlama, berdasarkan purposive sampling. Teknik pengumpulan data penelitian ini adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan diperoleh kesimpulan bahwa manajemen kepala sekolah dalam meningkatkan efektivitas pembelajaran yaitu melalui Perencanaan kepala sekolah dalam mengembangkan, menggaji dan memotivasi guru dan staf untuk mencapai tujuan pendidikan. Pelaksanaan meliputi kepala sekolah memberikan reward bagi guru yang mampu menjalankan kebijakan dengan baik sehingga dapat terlihat peningkatan efektivitas kinerjanya dalam mengajar. Peningkatan efektivitas pembelajaran yaitu melalui nilai agama dan budi pekerti meliputi moral dan nilai-nilai agama ditanamkan melalui pembiasaan, jati diri, dan dasar-dasar literasi, matematika sain, tehknologi, rekayasa dan seni meliputi Kemampuan membaca merupakan dasar untuk menguasai berbagai bidang studi. Faktor penghambat unjuk kerja guru di kelas seperti guru yang malas dan kurang berprestasi, kepala sekolah harus selalu memberi motivasi dan pelatihan-pelatihan agar mereka juga berprestasi, disamping sangsi-sangsi tertentu yang mukin bisa memotivasi guru tersebut untuk berprestasi. Sedangkan faktor pendukung adalah terciptanya suasana kondusif dan rasa aman di sekolah, komunikasi yang terjalin baik antar warga sekolah, serta adanya pemberian reward untuk guru yang berprestasi dan juga bisa sebagai motivasi untuk guru yang lain.

Item Type: Thesis (Tesis (S2))
Additional Information: 31/S2 Administrasi Pendidikan/2024
Uncontrolled Keywords: efektivitas pembelajaran, manajemen kepala sekolah
Subjects: 300 Ilmu Sosial > Administrasi Pendidikan
Divisions: Pascasarjana > S2 Administrasi Pendidikan
Depositing User: isna isna isna
Date Deposited: 19 Feb 2025 03:47
Last Modified: 19 Feb 2025 03:47
URI: http://eprints.ummetro.ac.id/id/eprint/3426

Actions (login required)

View Item View Item